printer brother 1

Printer Error? Simak Cara Mengatasinya Berikut!

Printer mungkin bukanlah sebuah alat yang selalu dibutuhkan oleh seluruh penghuni rumah untuk keperluan sehari-hari. Maka tak mengerankan bila saat hendak digunakan, printer A4 milikmu mengalami error atau tak dapat beroperasi dengan baik. Jika sudah begini, tentu kamu akan repot karena kegiatan mencetak dokumenmu akan terhambat—atau malah tidak bisa dilakukan sama sekali.

Berikut adalah macam-macam error yang biasanya terjadi pada printer rumahan yang jarang dipergunakan serta tips untuk mengatasinya.

  • Kertas yang macet

Kertas macet adalah masalah yang paling sering terjadi pada saat proses pencetakan. Situasi ini bisa terjadi jika tumpukan kertas siap cetak yang terdapat pada nampan kertas (paper tray) di printer tidak berada dalam posisi yang rapi. Yap, jika kertas yang hendak dicetak miring sedikit saja, kertas dapat tersangkut pada mesin penggerak yang terdapat dalam printer.

Solusinya adalah hentikan pengoperasian printer atau dengan kata lain matikan daya printer. Kemudian, angkat sisa kertas dalam nampan kertas—jika ada, lalu keluarkan kertas yang tersangkut secara perlahan. Pastikan tidak ada lagi sisa kertas yang tersangkut sebelum kembali menyalakan daya printer dan melanjutkan proses pencetakan.

  • Driver printer yang tidak ditemukan

Masalah ini mungkin saja terjadi jika kamu baru saja memperbarui sistem operasi laptop atau komputer kamu, menurut LD Blog. Satu-satunya cara mengatasi yang dapat kamu lakukan ialah menghapus instalasi driver printer yang ada pada laptop atau komputermu, lalu menggantinya dengan driver terbaru yang cocok dengan sistem operasi laptop atau komputer yang kamu miliki. Biasanya, website printer akan menyediakan driver produk-produk mereka untuk tiap sistem operasi laptop atau komputer yang ada di pasaran.

  • Antrean mencetak

Meski jarang terjadi, masalah antrean mencetak (printing queue) juga bisa menghambat proses mencetak dokmumenmu. Sebagai informasi, saat kamu memencet tombol print di laptop atau komputer, perintah tersebut akan masuk ke daftar antre mesin pencetak sebelum printer bekerja memindahkan dokumen yang hendak kamu cetak ke dalam kertas. Masalah ini akan kamu temui jika kamu mau mencetak banyak dokumen sekaligus. Kadang kala, antrean mencetak mengalami diskoneksi pada sistem dalam laptop atau komputer, bukan pada printer-nya.

Maka, solusinya adalah kamu harus memutus koneksi printer dan laptop atau komputermu kemudian mematikan daya (restart) keduanya. Setelah itu, sambung kembali koneksi keduanya dan mulai ulang proses mencetaknya.

Selain itu, ptinter juga seringkali mengalami error karena koneksinya dengan komputer terputus. Terkadang hal tersebut bisa terjadi akibat tanpa sengaja kabel tercabut atau kabel mengalami kerusakan seperti putus. Biasanya hal ini sering terjadi pada kamu yang di rumahnya terdapat tikus atau mungkin hewan peliharaan seperti kucing dan kelinci. Namun, kamu bisa mengamankan kabel dari hewan peliharaan dan hewan pengerat dengan beberapa cara, seperti merapikan kabel agar tidak menarik perhatian hewan-hewan tersebut.

Itulah dia beberapa masalah yang mungkin pernah kamu temukan saat hendak mencetak dokumen dengan printer di rumah. Semoga solusi-solusi di atas dapat membantu kamu jika hal yang sama terjadi lagi, ya!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.