Dapur

Tips Bersih-bersih Dapur supaya Tidak Berantakan Lagi!

Kalau kamu seorang pekerja kantoran, waktu yang kamu habiskan di rumah dalam sehari mungkin hanya sepertiga lamanya. Pun di akhir pekan, barangkali kamu dan pasangan atau anggota keluarga lain akan menghabiskan waktu di mal atau tempat publik lainnya. Jadinya, momen untuk menyadari juga waktu yang kamu butuhkan untuk membersihkan bagian-bagian rumah agak minim.

Namun, tentu ini tidak terjadi lagi saat fase work from home berlangsung. Yap, bekerja dari rumah mungkin akan membuatmu jadi punya banyak waktu untuk bersih-bersih. Nah, kalau kamu ingin merapikan dapurmu, berikut adalah beberapa tipsnys!

  1. Atur waktu. Barang-barang dapur memiliki variasi ukuran yang cukup luas. Sehingga, mungkin kamu tidak menyadari bahwa perabotanmu di dapur ada banyak sekali. Nah, untuk merapikan semua ini, barangkali kamu akan menghabiskan waktu selama berjam-jam. Oleh sebab itu, atur waktu bersih-bersih dalam satu hari supaya proses merapikan dapurmu berjalan efektif. Jangan lupa juga menyiapkan dus untuk memilah barang mana yang sudah waktunya dibuang, yang bisa disumbangkan, atau yang masih layak pakai.
  2. Pilah per bagian. Menurut situs Money Crash, memulai proses milah-memilah dari benda-benda yang tampak mata memang terkesan lebih mudah. Akan tetapi, yakinilah jika kamu melakukan metode ini maka kamu akan semakin pusing karena barang-barang dapurmu akan lebih berantakan. Maka dari itu, mulailah memilah perabotan dari satu bagian ke bagian lain. Contoh, mulai dari rak gantung—tuntaskan bagian kiri lalu ke kanan, atau sebaliknya, lalu ke laci-laci, kemudian lemari. Dengan begitu, kamu bisa lebih cepat melakukan “pembersihan”.
  3. Buang atau sumbang barang yang sudah tidak dibutuhkan. Saat bersih-bersih, pasti kamu akan menemukan benda-benda yang telah lama menghilang, sampai kamu lupa keberadaannya. Kamu juga mungkin menemukan benda-benda lama yang sudah tidak kamu butuhkan lagi. Nah, benda-benda ini bisa kamu masukkan ke dalam dus pembuangan atau dus sumbangan. Dengan begitu, komposisi perabotan dapurmu akan berkurang.
  4. Tata sesuai kelompok. Ada banyak sekali perabotan untuk masak-memasak. Sebagai contoh, peralatan untuk membuat makanan berat seperti rendang atau nasi kuning akan berbeda dengan peralatan untuk membuat kue. Maka dari itu, aturlah perabotanmu sesuai kelompok fungsinya. Selain dapur menjadi lebih rapi, menemukan perabotan-perabotan tertentu juga akan lebih mudah.

Itulah dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk bersih-bersih dapur supaya tidak berantakan lagi. Semoga bermanfaat, ya! (AP)

Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.