mobil

4 Penyebab Mesin Mobil Mati Tiba-tiba saat Dikendarai

Pernahkah kamu sedang berkendara lalu bertemu dengan kendaraan yang tidak bisa berjalan kembali di lampu merah? Ataukah kamu pernah melihat mobil lain yang tiba-tiba terhenti di tepi jalan? Melihat kondisi tersebut, mungkin kamu jadi terpikir kemungkinan apa yang menyebabkan kondisi tersebut. Apakah karena pengendara tersebut belum melakukan ganti oli pelumas mobil atau hal lainnya? Lantas, bagaimana jika kondisi itu terjadi padamu?

Nah, untuk itu simak ulasan empat penyebab mesin mobil bisa tiba-tiba mati saat dikendarai berikut. Harapannya adalah kamu bisa melakukan pencegahan lebih dini.

  1. Kehabisan bahan bakar. Mengutip laman Caroline, alasan pertama mesin mobil bisa tiba-tiba mati saat dikendarai adalah kehabisan bahan bakar. Maka dari itu, hindari melakukan perjalanan dengan jumlah bahan bakar yang menipis. Setidaknya, sediakan setengah tangki penuh terisi bahan bakar untuk keperluan perjalanan jarak pendek. Ini dimaksudkan agar bahan bakar masih cukup mengkover kebutuhan mesin bila ada situasi yang tidak terduga.
  2. Dynamo ampere Dynamo ampere atau alternator adalah salah satu komponen penting dalam sistematika mesin mobil yang berguna untuk memasok listrik ke dalam aki. Jika komponen ini rusak, maka pasokan listrik ke dalam aki akan berkurang lalu habis. Saat situasi ini terjadi, mesin akan kehilangan daya operasinya kemudian mesin akan mati tiba-tiba. Kondisi alternator rusak inilah yang kerap membuat kendaraan di lampu merah tidak bisa berjalan kembali.
  3. Pompa bahan bakar tersumbat. Penyebab lain mobil yang tiba-tiba mati saat dikendarai adalah tersumbatnya pompa bahan bakar (fuel pump). Entah karena debu atau kotoran lain, sumbatan pada pompa bahan bakar bisa menghalangi jalannya bahan bakar dari tangki ke mesin. Saat ini terjadi, mesin tidak akan mendapatkan pasokan bahan bakar sesuai kebutuhannya. Tip: rutin mengecek komponen-komponen mobil sebelum berkendara, terutama jika akan melakukan perjalanan jarak jauh.
  4. Ignition switch Hampir mirip dengan dynamo ampere, ignition switch juga bekerja dalam sistem kelistrikan mobil. Komponen satu ini berguna untuk menghubungkan aliran listrik saat mesin mobil akan dinyalakan. Jika komponen ini bermasalah, tentu mesin mobil tidak akan mendapat pasokan listrik dan sebagai akibatnya mesin tidak akan menyala. Menurut situs Caroline, permasalahan pada komponen ini dapat disebabkan oleh getaran kencang atau guncangan keras saat mobil melewati polisi tidur atau lubang.

Itulah dia empat penyebab mesin mobil tiba-tiba mati. Nah, ternyata tidak ada hubungannya dengan oli yang belum diganti, ya. Meski demikian, sekarang kamu tahu hal-hal apa saja yang bisa menghambat perjalananmu. Jadi, jangan abaikan keempat hal di atas, ya!

Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.