Tips Merawat Genset dengan Mudah Agar Selalu Awet

Genset merupakan generator set yang mempunyai fungsi untuk menghasilkan daya listrik. Alat ini biasanya digunakan sebagai daya alternatif untuk menghasilkan listrik sehingga pasokan listrik tetap stabil walaupun sedang ada pemadaman. Oleh karena itulah kantor, perusahaan, mall, sekolah, kampus, rumah sakit, dan tempat umum lainnya membutuhkan genset sehingga kegiatannya dapat berjalan dengan normal walaupun ada pemadaman listrik.

Ketika telah menggunakan genset tentu saja tidak bisa dibiarkan tetapi harus dilakukan perawatan dengan baik. Sehingga genset tersebut dapat untuk menghasilkan manfaat seperti kegunaannya. Karena apabila mengalami kerusakan maka tentu saja akan membutuhkan biaya yang besar untuk perbaikannya. Oleh karena itulah daripada mengeluarkan banyak biaya untuk perbaikan, akan lebih baik untuk melakukan upaya pencegahan dengan melakukan perawatan yang bisa dilakukan secara mudah dan sederhana. Dimana untuk tips perawatan genset tersebut bisa untuk menggunakan beberapa cara seperti berikut ini:

  1. Pertama dengan memastikan untuk mengoperasikan genset dengan benar yaitu dengan cara membaca buku panduan terlebih dahulu sehingga tidak akan salah.
  2. Matikan genset terlebih dahulu apabila mengalami masalah dan juga menemukan kejanggalan untuk berjaga-jaga.
  3. Meletakkan genset di tempat yang aman yaitu dijauhkan dari terik matahari dan juga jangan dekatkan dengan air.
  4. Bersihkan genset dengan rutin agar tidak mudah kotor seperti dengan membersihkan debu, kotoran, dan juga minyak yang ada di genset.
  5. Mengganti spare part genset yang sudah waktunya diganti.
  6. Mengecek kabel secara berkala dan segera ganti apabila ada yang sudah rusak.
  7. Mengecek bahan bakar dan pastikan tidak boleh kosong.
  8. Memeriksa bagian oli dan tidak boleh kosong.

Beberapa cara di atas merupakan hal yang mudah untuk memeriksa dan melakukan perawatan terhadap genset secara sederhana. Untuk melakukan perawatan tersebut sebenarnya bisa dilakukan sendiri sehingga akan lebih menghemat biaya. Akan tetapi Anda juga bisa menggunakan tenaga ahli seperti dari Sewatama. Dimana selain menyediakan jasa sewa genset harian, Sewatama juga menyediakan jasa pemeriksaan dan perbaikan genset untuk dapat digunakan kembali.

Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.