3 Kesalahan Ini Saat Mencuci Mobil

Mencuci mobil menjadi rutinitas yang dikerjakan oleh pengendara, terutama saat mobil sudah terlihat kotor. Memang,  mencuci mobil secara rutin dapat membuat mobil terlihat kinclong serta ebas dari debu maupun kotoran yang menempel. Meski sudah memiliki Asuransi Mobil TLO dari asuransi umum Chubb, pastikan untuk tidak melakukan kesalahan yang dapat menyebabkan cat mobil terkelupas dan memudar, karena kerusakan-kerusakan tersebut tidak mendapatkan pertanggungan dari asuransi tersebut.

cuci mobilOleh sebab itu, jangan lakukan kesalahan-kesalahan ini ketika mencuci mobil:

  1. Jangan cuci mobil dengan sabun cuci piring. Pernah menggunakan sabun cuci piring saat mencuci mobil? Jika pernah, maka pastikan untuk tidak lagi melakukannya. Memang betul, sabun cuci piring memiliki sifat cair yang sama dengan sabun khusus untuk mencuci mobil. Tetapi menggunakan sabun cuci piring untuk mencuci mobil tentu tidak baik, sebab kandungan pada sabun cuci dapat membuat cat mobil tampak memudar, tergores dan belang.
  2. Jangan cuci mobil di bawah terik sinar matahari. Sebagian dari Anda mungkin beranggapan jika mencuci mobil saat hari panas dapat mempercepat proses pengeringan. Padahal, melakukan ini sangat tidak bagus, loh. Lantaran sisa sabun yang masih menempel pada mobil dan belum sempat disiram jika terkena sinar matahari akan langsung mengering, dan dampaknya dapat membuat sisa sabun berkerak serta menimbulkan noda. Tentu, kondisi ini dapat mengurangi keeleganan mobil.
  3. Jangan hanya menggunakan air satu ember saja untuk mencuci mobil. Anda termasuk yang suka mencuci mobil dengan hanya menggunakan air satu ember saja? Cara ini memang cukup praktis, tapi usahakan untuk tidak melakukannya lagi. Mengapa? Mencuci mobil dengan hanya menggunakan air satu ember dapat membuat merusak dan membuat cat mobil tergores karena sisa kotoran yang bercampur dengan sabun. Gunakan paling tidak dua ember: isi satu ember dengan sabun dan air, dan gunakan ember satunya lagi untuk tempat membilas.

Selain beberapa hal yang disebutkan di atas, ada baiknya Anda tidak melakukan kesalahan-kesalahan ini juga:

  • Lupa mencuci ban maupun velg
  • Melewatkan bagian karpet dan dashboard mobil
  • Asal dalam mencuci mobil
  • Tidak membersihkan bagian sela mobil

So, jika Anda ingin mobil Anda tampil prima setiap saat, jangan lakukan kesalahan-kesalahan tersebut ya!

Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.