Mengenal 4 Jenis Asuransi Jiwa

Tidak ada yang tahu kapan kematian datang menjemput. Bagaimana jika seandainya Anda sebagai kepala keluarga tiba-tiba harus mengalaminya di saat masih memiliki tanggungan anak berusia sekolah? Pastinya hal tersebut akan menjadi beban bagi istri yang Anda tinggalkan. Itulah alasannya, mengapa sangat penting bagi Anda, khususnya yang bertindak sebagai kepala keluarga atau pencari nafkah, untuk melindungi diri dengan Asuransi Jiwa Terbaik. Dengan begitu, kapanpun musibah datang menimpa Anda, pendidikan dan hidup keluarga Anda nantinya akan tetap terjamin dengan uang pertanggungan dari perusahaan asuransi.

Nah, jika Anda mulai tertarik untuk mendaftar asuransi jiwa terbaik, ada baiknya jika terlebih dahulu mengenal 4 jenis asuransi jiwa berikut ini:

  1. Asuransi Jiwa Berjangka

Perlindungan yang diberikan memiliki jangka waktu tertentu sesuai dengan pilihan pemegang polis. Pilihan waktunya yaitu antara 5, 10, atau 20 tahun. Preminya tergolong murah dan bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda, sementara uang pertanggungan yang bisa Anda terima akan bernilai cukup besar. Akan tetapi, kerugian dari asuransi ini adalah, Anda tidak akan menerima pengembalian dana sedikitpun jika hingga masa berlaku polis habis tidak ada risiko yang menimpa Anda.

  1. Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Asuransi ini berlaku seumur hidup bagi pemegang polisnya. Meskipun disebut seumur hidup, rata-rata polis ini tetap memiliki masa berlaku yaitu hingga sang pemegang polis mencapai usia 100 tahun. Padahal, kebanyakan orang Indonesia tidak mencapai usia 100 tahun, itulah salah satu alasannya mengapa asuransi ini disebut seumur hidup. Namun, karena kemungkinan adanya klaim sebelum masa berlaku polis berakhir cukup besar, menyebabkan nilai premi asuransi jiwa jenis ini cukup tinggi. Meskipun begitu, jika sampai masa akhir kontrak tidak ada klaim, maka Anda akan menerima kembali nuilai premi yang telah dibayarkan secara penuh.

  1. Asuransi Jiwa Dwiguna

Asuransi jiwa ini memiliki 2 manfaat sekaligus, yaitu sebagai proteksi dan juga tabungan. Proteksi atas kematian layaknya asuransi jiwa pada umumnya, yang akan memberikan uang pertanggungan pada pemegang polis jika mengalami musibah, dan tabungan karena Anda dapat menarik kembali nilai premi yang telah dibayarkan saat Anda membutuhkan uang. Namun, bukan berarti Anda bisa menarik dana tersebut sesuka hati Anda. Sebab, ada ketentuan mengenai pengambilan dana ini.

  1. Asuransi Jiwa Unit Link

Asuransi ini tidak hanya memberikan proteksi saja pada Anda, tetapi juga manfaat investasi. Uang pertanggungan yang akan diterima oleh pemegang polis bisa bergantung pada kesuksesan investasi yang dipilih. Namun, jika Anda memilih asuransi jiwa jenis ini, pastikan bahwa Anda benar-benar memilih agen asuransi yang sudah paham dengan produk ini. Sebab, banyak juga yang tidak memahaminya dan pada akhirnya hanya membuat Anda mengalami kerugian.

Setelah memahami keempat jenis polis asuransi ini, semoga Anda bisa memilih jenis asuransi yang paling sesuai untuk Anda ya. (Vita)

Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.