5 Perubahan yang Umum Terjadi Saat Hamil Muda

Selamat! Pasti saat mengetahui ternyata Anda tengah mengandung bayi, rasa bahagianya tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Tenang saja, kehamilan tidak sesulit yang Anda bayangkan jika Anda telah mempersiapkannya dengan baik. Apalagi, saat melahirkan, Anda bisa mengajukan Allianz klaim untuk meringankan beban biaya. Namun, agar kehamilan lebih nyaman, Anda harus mengetahui dan siap menghadapi beberapa perubahan yang akan terjadi selama hamil muda.

  • wanita hamilMudah lelah

Biasanya kebanyakan ibu hami, terutama di minggu pertama, akan menjadi mudah lelah. Kelelahan memang bisa disebabkan oleh anemia, tekanan darah, dan kadar gula yang rendah. Namun saat hamil, perubahan hormon dan gejala-gejala kehamilan sendiri bisa membuat wanita menjadi mudah lelah.

  • Mual dan muntah

Gejala yang satu ini sangat sering dihubungkan dengan kehamilan. Memang, saat hamil muda wanita akan mengalami gejala mual dan muntah. Bahkan bukan hanya di pagi hari (morning sickness) tapi di sepanjang hari. Bahkan pada sebagian wanita, gejala ini bisa memanjang hingga trimester kedua, ketiga, bahkan sepanjang kehamilan.

  • Sering buang air kecil

Saat hamil muda hingga 6-8 minggu, kebanyakan ibu hamil akan merasakan hasrat ingin buang air kecilyang lebih sering. Hal ini diakibatkan oleh rahim yang membesar dan menekan kandung kemih, sehingga membuat ibu hamil lebih sering merasakan ingin buang air kecil.

  • Begah dan sulit BAB

Meningkatnya hormon progresteron pada saat hamil muda dapat memperlambat gerakan saluran cerna. Akibatnya, ibu hamil akan sering merasa begah dan bisa mengalami sulit buang air besar.

  • Perubahan suasana hati

Gejala kehamilan sebenarnya mirip dengan gejala menstruasi, termasuk perubahan suasana hati yang cukup sering. Ketika hamil muda, biasanya suasana hati atau mood ibu hamil akan mudah berubah. Misalnya yang tadinya senang, tiba-tiba merasa gelisah, ingin marah, atau bahkan sedih tanpa sebab. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang signifikan. (source: klikdokter.com)

Nah, itu dia beberapa perubahan yang kebanyakan dialami oleh ibu hamil. Tak perlu dibuat khawatir tapi Anda juga harus mengetahuinya. Dengan mengetahui perubahan ini maka Anda bisa lebih siap mempersiapkan janin hingga tiba waktunya melahirkan. (Rima)

Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.