AC mobil

Yuk, Rutin Merawat AC Mobil Agar Tidak Rusak!

Air Conditioner atau dikenal dengan sebutan AC merupakan komponen paling penting yang harus ada pada kendaraan, baik itu mobil pribadi maupun truk kontainer Indonesia. Seperti diketahui, AC sendiri berfungsi sebagai media penyejuk udara dalam mobil. Adanya AC ini maka ketika berkendara maupun berada di mobil kita pun tidak akan merasa kegerahan. Melihat pentingnya manfaat yang diberikan oleh AC, maka sebagai pemilik kendaraan Anda tentu tidak bisa mengabaikannya. Jika diabaikan, ditakutkan nanti AC malah tidak bisa berfungsi dengan baik.

Untuk itu, rawatlah AC mobil Anda secara berkala dengan melakukan beberapa hal berikut ini, here we go! (source: IDNTimes)

  1. Pengatur suhu sebaiknya jangan sampai maksimal. Mengutip dari IDNTimes, di dalam mobil sendiri terdapat dua pengatur suhu untuk AC agar nanti bisa bekerja dengan baik. Satu merupakan pengatur kipas dan satunya lagi adalah pengatur suhu ruangan. Nah, khusus untuk pengatur suhu ini, pastikan tidak memutarnya sampai batas maksimal. Meski ruangan menjadi sangat dingin, akan tetapi jika ini dilakukan secara terus-menerus tentu dapat menyingkat waktu pemakaian AC dan mengeluarkan cairan pendingin lebih banyak dari biasanya.
  2. Tutup kaca jendela mobil ketika AC dinyalakan. Pastikan, untuk selalu menutup rapat kaca mobil ketika AC dinyalakan. Mengapa? Tujuannya adalah untuk mencegah masuknya debu ke bagian kipas AC. Kalau bagian kipas berdebu tentu nanti dapat menghambat jalan keluarnya AC. Jika sudah begini, AC tentu tidak akan bisa berfungsi dengan baik, bukannya dingin malah suhu dalam mobil menjadi panas. So, jangan sampa lupa tutup rapat kaca jendela agar tidak kemasukan debu, ya!
  3. Tutup kembali kipas AC setelah digunakan. Jika AC dimatikan atau Anda sudah mematikan mesin kendaraan, pastikan untuk selalu menutup kembali bagian kipas AC. Haruskah? Jawabannya harus, ini dilakukan untuk mencegah masuknya debu ke kipas tersebut. Kipas yang tidak berdebu tentu tidak akan menghambat jalan keluar AC. Untuk itu, usahakan untuk menutup bagian kipas AC apabila tidak digunakan!
  4. Rutin mengecek bagian freon AC. Rutinlah selalu mengecek bagian freon AC di mobil Anda. Dengan rutin mengecek bagian tersebut, maka dapat meminimalisir terjadinya kerusakan pada AC ataupun mencegah AC tidak mampu mengeluarkan suhu dingin.

Itu dia beberapa hal penting yang bisa dicoba agar AC mobil tidak cepat rusak dan tetap berfungsi dengan baik. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! –SH–

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.