Asuransi Syariah Sesuai Dengan Budaya Indonesia

Coba Anda ingat-ingat lagi apa yang menjadi ciri utama dari budaya Indonesia? Betul sekali, gotong royong, saling membantu. Konsep ini diterapkan di beberapa sendi kehidupan, dan sekarang, konsep gotong royong ini diterapkan di sistem Allianz klaim asuransi syariah.

asuransi syariahMemang dari namanya, ini adalah asuransi yang berbasis syariah. Artinya, inspirasinya berasal dari agama islam yang notabene berasal dari Arab. Namun, ada nilai yang sama antara agama Islam yang mayoritas masyarakat Indonesia anut dengan budaya lokal, yaitu gotong royong.

Bukankah Islam mengajarkan agar kita saling menolong? Itu pula yang diajarkan oleh Rasulullah. Begitu juga dengan orang-orang tua kita dahulu. Saat membangun rumah, ada kalanya mereka harus berhenti bekerja dan membantu tetangga yang sedang membangun rumah. Untuk menjaga keamanan wilayah, dibuatlah siskamling.

Lalu, untuk asuransi syariah ini, seperti apa? Kok gotong royong?

Nah, ini yang unik dan beda jika Anda bandingkan dengan asuransi konvensional. Apakah Anda tahu bagaimana sistem asuransi konvensional? Jika Anda pemegang premi asuransi konvensional, maka uang yang Anda setor seluruhnya milik perusahaan asuransi. Dan dana tersebut bebas digunakan oleh perusahaan untuk apapun, tak terkecuali diinvestasikan lagi untuk hal-hal yang lebih produktif, seperti meminjamkan kepada pihak lain, membangun usaha yang lebih menguntungkan, dan lain sebagainya. Dan Anda hanya mendapatkan perlindungan saat Anda sedang sakit atau terkena musibah.

Berbeda dengan asuransi syariah. Dana yang Anda setor masih milik Anda. Pasalnya, Anda hanya menyerahkan uang tersebut untuk dikelola. Dana dari peserta asuransi dikelola untuk dua hal. Yang pertama, sebagian dana digunakan untuk membantu peserta yang sedang mendapatkan bencana. Inilah yang kemudian dikatakan asuransi syariah ini memiliki prinsip gotong royong. Mereka yang sehat membantu orang-orang yang sakit.

Yang kedua, sebagian dana dialokasikan untuk diinvestasikan agar lebih produktif. Dan ini yang beda lagi dengan asuransi konvensional. Dari perputaran dana tersebut, jika ada keuntungan, maka Anda juga mendapatkannya. Ada sistem bagi hasil dari keuntungan investasi yang Anda lakukan.

Menarik, bukan?

Dalam hal ini, banyak sekali perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi syariah ini. Contohnya saja Allianz Syariah yang  menawarkan AlliSya Protection Plus, sebuah asuransi yang berbasis syariah.

Ada banyak sekali keuntungan. Selain Anda mendapatkan bantuan saat terkena musibah, Anda juga bisa memutar uang sehingga lebih produktif. Dalam hal ini, Anda bekerjasama dengan Allianz Syariah yang sudah berpengalaman untuk membuat uang yang Anda investasikan lebih produktif. Hal inilah yang kemudian produk ini disebut asuransi jiwa dan investasi. Satu produk, dua keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Bagaimana dengan jumlah dana yang harus Anda setorkan? Anda bisa memutuskan sendiri. Ada fixed fund. Ada juga balanced fund. Dan Anda juga bisa menentukan sendiri cara pembayarannya, apakah bulanan, kuartalan, semesteran, atau tahunan. Jadi, Anda bisa sesuaikan dengan kondisi Anda.

Yang pasti, dengan memilih asuransi syariah, Anda bisa tenang. Karena muammalah yang Anda lakukan sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh Allah. Sebagai umat islam, tentu Anda harus menghindari hal yang tidak disukai oleh Allah, bukan? Dan sekarang, Anda bisa mendapatkan perlindungan dengan cara syariah.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.