Bahaya dan Kerugian Akibat Truk Kelebihan Muatan

Mengetahui jenis truk yang tepat untuk mengirim barang merupakan hal pertama yang harus dilakukan saat hendak memilih truk angkutan barang. Hanya saja, banyak yang mengabaikan hal tersebut. Akibatnya, menggunakan truk apa saja yang ada dan menambah muatan agar tidak perlu bolak-balik seringkali menjadi pilihannya. Padahal ini berisiko besar, bahkan bisa mengancam keselamatan. Coba saja simak beberapa bahaya dan kerugian yang mungkin terjadi akibat truk kelebihan muatan (overload).

  • Boros bahan bakar

truk overloadJika banyak orang mengira bahwa membawa banyak muatan sekaligus dapat menghemat biaya bensin seperti apa yang disebutkan di atas, maka mereka salah. Pasalnya, membawa muatan berlebih pada kendaraan justru membuat kendaraan tersebut lebih cepat menghabiskan bensin. Truk yang membawa beban lebih berat dari seharusnya akan membuat pengemudi harus menginjak pedal gas dengan lebih kuat. Otomatis, energi yang diperlukan oleh mesin menjadi lebih banyak dan membuat pemakaian bensin lebih boros.

  • Laju kendaraan lebih lambat

Selain boros bensin, kelebihan muatan juga akan membuat boros waktu. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, berat kendaraan yang bertambah akan menambah beban mesin pula. Hal ini akan memperlambat laju kendaraan, sehingga pengemudi pun harus rela mencapai tujuan dalam waktu yang lebih lama.

  • Mengancam keselamatan

Ini dia akibat paling fatal yang bisa terjadi karena truk kelebihan muatan. Pengemudi akan lebih sulit untuk mengendalikan truk overload pada situasi tertentu, misalnya seperti tanjakan, turunan, dan belokan. Selain itu, kelebihan muatan juga bisa menyebabkan rem blong sehingga risiko kecelakaan pun semakin besar.

  • Merusak jalan

Truk yang overload juga mengakibatkan kerusakan pada jalan tol. Bahkan, menurut catatan Kemenhub yang dilansir dari truckmagz.com, negara diperkirakan mengalami kerugian hingga mencapai Rp43 triliun untuk memperbaiki jalan yang rusak akibat kelebihan muatan. Karena itu, pemerintah menegakkan sanksi bagi truk yang melintas dengan muatan berlebih. Mulai tahun depan, Kemenhub akan menyiapkan jembatan timbang di beberapa pintu tol untuk mendeteksi truk yang kelebihan muatan.

Jadi, sudah tahu kan, betapa pentingnya mengetahui jenis truk yang tepat untuk mengirim barang dalam memilih truk untuk tidak melebih muatan dan tetap mengutamakan keselamatan? (Rima)

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.