Begini Cara Merawat Kendaraan Berbahan Bakar Solar!

Kendaraan dengan mesin diesel berbahan bakar solar memang dikenal tangguh. Namun demikian, perawatannya tak bisa dipandang sebelah mata. Kendaraan berbahan bakar solar membutuhkan perawatan tersendiri yang berbeda dengan kendaraan pada umumnya. Jangan khawatir soal masalah harga, karena perawatannya sebetulnya sederhana, kok. Tidak perlu membawanya ke bengkel atau ke tempat jual soal industri atau solar bahan bakar, karena Anda bisa merawatnya sendiri. Begini caranya!

  1. mesin dieselPanaskan mesin sebelum digunakan. Sebelum mulai menggunakan kendaraan, jangan lupa untuk memanaskannya terlebih dahulu. Tidak perlu lama-lama, sekitar 10 menit juga sudah cukup. Hal ini dimaksudkan untuk membiarkan pelumas mengalir ke seluruh bagian mesin sehingga kendaraan bisa berfungsi secara maksimal sesuai kapasitasnya.
  2. Gunakan solar berkualitas. Meskipun kendaraan Anda berbahan bakar solar, bukan berarti Anda bisa sembarang menggunakan solar, ya. Selalu pilih solar berkualitas dan bermutu tinggi. Pasalnya, kualitas solar yang baik ternyata lebih efisien, berkaitan dengan daya tarik mesin mobil, dan akan membuat mesin lebih ringan. Suara mesinnya pun akan lebih halus. Disarankan untuk memilih solar yang rendah kadar sulfurnya.
  3. Cek filter dan tangki solar. Selalu cek filter dan tangki solar secara berkala. Jika memang sudah saatnya diganti, maka jangan tunda dan segeralah ganti dengan yang baru. Tidak hanya itu, segeralah bersihkan filter solar terutama jika tanda di dashboard sudah menyala sebab itu artinya ada kotoran yang menyumbat saringan bahan bakar. Sebab jika dibiarkan terus menerus, maka hal tersebut bisa berdampak pada performa mesin secara keseluruhan.
  4. Jangan langsung dimatikan. Setelah digunakan, jangan langsung mematikan mobil; baiknya diamkan dulu selama beberapa menit barulah matikan mesin mobil diesel Anda. Pasalnya, mesin butuh waktu untuk mendinginkan semua komponen jadi memberinya waktu sebelum dimatikan membantu untuk merawat mesinnya. Ketika mobil langsung dimatikan begitu saja, itu artinya oli yang sedang bekerja di dalam ppun akan ikut terhenti sehingga tak bisa melakukan tugasnya secara maksimal.

Empat cara di atas merupakan beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk merawat kendaraan berbahan bakar solar. Semoga membantu dan selamat mencoba, ya!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.