Benda Wajib di Bawa Saat Mendaki

Kamu yang senang mendaki pastinya memiliki mimpi untuk mencapai puncak tertinggi dari berbagai gunung yang ada di Indonesia. Satu persatu wilayah di Indonesia kamu jelajahi, tak perlu yang jauh-jauh dulu, yang dekat pun akan kamu telusuri. Seperti Magelang, misalnya. Magelang memiliki berbagai gunung yang bisa kamu daki. Mulai dari Gunung Merapi, Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan juga Gunung Andong. Tak perlu unit hotel di Magelang, sebab tidur dengan beralaskan tanah dan beratapkan langit saja sudah membuat kamu bahagia.

perlengkapan naik gunungNah, sebelum mulai mengeksplorasi, jangan lupa cek barang-barang bawaan kamu. Ini benda yang tidak boleh terlupa saat mendaki:

  1. Peta dan kompas. Mengingat sinyal di gunung sering hilang, kamu tak bisa sepenuhnya bergantung pada aplikasi maps di ponsel. Untuk itu, kamu perlu menyiapkan alat navigasi cadangan seperti peta dan juga kompas. Alat-alat ini akan membantu kamu untuk menemukan arah tanpa menggunakan koneksi internet.
  2. Senter. Jangan terlalu bergantung pada fitur senter di ponselmu, ya. Lebih baik bawa senter khusus yang sudah dilengkapi dengan baterai cadangan. Senter akan membantumu untuk melihat jalan di depan dengan jelas. TakĀ  hanya itu, jika kamu tetap ingin melanjutkan pendakian di malam hari, senter ini akan menjadi teman yang sangat ampuh.
  3. Pisau. Tak hanya bermanfaat untuk proses memasak, pisau juga bisa dimanfaatkan untuk alat pertahanan diri ketika berhadapan dengan hewan buas. Memang, kasus ini jarang terjadi, tapi lebih baik bersiap-siap, bukan? Tak hanya itu, pisau juga bisa membantumu untuk memotong ranting atau semak-semak yang menutupi jalur pendakianmu.
  4. Trashbag. Ini dia nih sesuatu yang paling sering dilupakan untuk dibawa saat mendaki. Padahal keberadaannya sangat penting karena trashbag ini sangat membantu untuk membawa semua sampah yang kamu hasilkan selama pendakian. Selalu jaga kebersihan dan jangan pernah tinggalkan sampahmu di gunung, ya.
  5. Obat-obatan. Baiknya selalu siapkan obat-obatan pribadi di tas kecilmu. Selain obat pribadi, siapkan juga obat-obatan untuk hal yang mungkin terjadi saat mendaki. Misalnya seperti obat penurun panas, obat pengurang nyeri, obat anti alergi, obat asma, diare, salep antibiotic, hansaplast untuk luka lecet, dan juga perban.

Itu dia beberapa hal yang wajib kamu bawa saat mendaki. Jangan sampai lupa, ya!

Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.