pelampung dikolam renang

Tips Sebelum Berenang di Siang Hari

Meskipun saat ini banyak kolam renang yang berada di dalam ruangan atau indoor, tetapi tetap saja masih banyak kolam renang yang berada di luar. Apalagi jika kolam renang ini memiliki konsep seperti waterboom di Jakarta yang memiliki banyak sekali wahana permainan. Jika dibuat secara indoor, tentulah akan membutuhkan lahan indoor yang sangat luas. Padahal, kolam renang dengan konsep seperti itu saat ini sedang banyak diminati, khususnya sebagai tempat rekreasi keluarga yang memiliki anak.

Sebenarnya, baik berenang di kolam renang indoor maupun outdoor bukalah masalah. Namun, tentunya keduanya memiliki persiapan yang berbeda. Ada beberapa persiapan yang wajib dilakukan oleh kamu ketika ingin berenang di kolam renang outdoor, khususnya jika dilakukan pada siang hari, seperti:

  • Menggunakan lotion dan pelembab wajah dengan SPF yang cukup tinggi. Hal ini penting karena lotion dan pelembab tersebut dapat mengurangi efek yang terjadi pada kulitmu akibat pancaran sinar matahari di siang hari yang sangat terik. Salah satunya, yaitu memberikan perlindungan agar kulitmu tidak menjadi semakin hitam. Selain melindungi dari sinar matahari, lotion dan pelembab tersebut juga melindungi kulit dari efek kaporit yang ada pada kolam, yang bisa memicu kulit menghitam.
  • Persiapkan air putih yang cukup. Saat berenang di siang hari, ada kemungkinan kamu akan kehilangan cairan tubuh lebih banyak dibandingkan jika berenang di pagi hari. Mempersiapkan air putih yang cukup akan membuat cairan tubuh yang keluar dapat segera tergantikan, sehingga akan mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

Untuk Anda yang senang berenang, ada juga nih hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan, yaitu segera bilas selesai berenang. Banyak orang yang memilih untuk bersantai-santai terlebih dahulu setelah berenang, dan menunda untuk mandi. Atau, membilas tubuhnya secara asal-asalan karena berpikir akan mandi lagi di rumah. Padahal, hal ini sangat salah. Sebab, air kaporit yang ada di kolam dapat berefek buruk pada kulit. Selain dapat membuat kulit menghitam, jika kaporit yang digunakan dalam kolam melebihi dosis aman, bisa berefek pada munculnya iritasi.

Menakutkan bukan? Jadi, pastikan untuk membilas badang sesegera mungkin setelah berenang, ya! (Vita)

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.