Cara Membersihkan Injektor pada Sepeda Motor

Punya rencana untuk membersihkan injektor yang terdapat di dalam bagian sepeda motor? Atau hendak menghilangkan berbagai debu yang menempel pada injektor? Maka, kalian patut untuk melakukan beberapa cara yang akan kami berikan di artikel ini. Meski cara membersihkan maupun menghilangkan debu pada bagian komponen injektor ini tidak sama dengan cara ganti oli mesin untuk sepeda motor, namun setidaknya berbagai cara ini terbilang mudah bagi Anda yang masih termasuk pemula dalam hal membersihkan komponen injektor ini. Selain itu, dengan selalu dibersihkannya bagian injektor ini, maka tidak akan membuat komponen yang satu ini rusak.

injektor sepeda motorLalu, bagaimanakah cara untuk membersihkan injektor yang tersimpan pada sepeda motor ini? Ini beberapa diantaranya:

  1. Menggunakan carbon cleaner. Cara paling mudah untuk membersihkan injektor sepeda motor ini adalah menggunakan carbon cleaner. Carbon cleaner sendiri merupakan sebuah cairan yang berfungsi untuk merawat sekaligus menjaga agar performa yang dihasilkan oleh mesin motor tetap prima dan berkualitas bagus. Jika kalian ingin mencoba cara yang satu ini, maka kalian tinggal mencampurkan cairan yang ada di dalam carbon cleaner ini dengan bahan bakar atau bensin sebanyak 5 liter. Cara yang seperti ini pun harus kalian lakukan setiap 3.000 km perjalanan supaya komponen injektor semakin bersih.
  2. Memakai infus yang dikhususkan untuk injektor. Selain menggunakan cairan carbon cleaner, saat membersihkan injektor ini kalian bisa memakai infus yang dikhususkan untuk injektor. Proses pembersihan yang dilakukan pun terbilang mudah, dimana kalian hanya perlu melepaskan selang pada bagian injektor, lalu hubungkan dengan infus yang sudah diisi dengan cairan carbon cleaner sambil menyalakan mesin motor dan di gas. Apabila cairan carbon cleaner sudah habis, nantinya mesin sepeda motor secara otomatis akan mati sendiri.
  3. Membersihkan dengan memanfaatkan injector cleaner. Selanjutnya, cara yang bisa kalian lakukan untuk membersihkan injektor ini ialah dengan memanfaatkan injector cleaner. Namun, biasanya cara ini hanya dapat dikerjakan oleh bengkel sepeda motor dikarenakan terbilang cukup sulit. Dan, ketika membersihkan injektor dengan cara ini, montir bengkel akan mengeluarkan injektor dan memasukkannya ke dalam cairan injector cleaner. Apabila injektor ini terlihat kotor, terkadang debit air pada injector cleaner akan menunjukkan angka yang tidak seperti biasa atau berkurang.

Bagaimana? Mudah sekali bukan membersihkan injektor pada sepeda motor ini? –SH–

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.