power on

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penggunaan Listrik pada AC

Pendingin ruangan umumnya dihitung dengan satuan PK (paard kracht) atau tenaga kuda. Mengutip situs Real Living, angka PK ini sebetulnya hanya mengacu pada input daya atau listrik. Dengan begitu, bisa dikatakan jika AC PK besar akan membutuhkan energi listrik yang lebih banyak. Akan tetapi, rupanya ada beberapa faktor lain yang dapat memengaruhi penggunaan listrik pada AC, lho. Apa sajakah hal-hal yang dimaksud? Simak ulasannya dalam artikel berikut.

  • Ukuran ruangan. Fungsi AC adalah mendinginkan udara dan menghilangkan lembap di dalam ruangan dengan bantuan komponen-komponen mesin bertenaga listrik. Sehingga, semakin besar ruangan yang perlu didinginkan oleh pendingin ruangan, maka akan semakin besar juga putaran listrik dan energi yang dibutuhkan.
  • Lokasi. Lokasi yang dimaksud merujuk pada iklim di suatu wilayah. Misalkan Kota Jakarta dan Surabaya punya cuaca harian yang cenderung lebih panas dibandingkan dengan Kota Bogor dan Malang. Inilah yang bisa membedakan konsumsi listrik AC di rumah Anda. Sebab untuk kota beriklim panas, AC akan bekerja lebih keras dan membutuhkan listrik lebih banyak untuk dapat mendinginkan udara dan menghilangkan lembap dalam ruangan.
  • Warna dalam ruangan. Melansir situs Bijli Bachao, jenis warna yang ada dalam ruangan juga memengaruhi konsumsi listrik. Sebagaimana kita ketahui bersama, warna-warna gelap cenderung menyerap panas lebih banyak. Warna ini tidak hanya merujuk pada pakaian yang sedang Anda pakai, melainkan juga pada cat tembok, benda-benda di dalamnya, serta tirai yang digunakan. Bila Anda memiliki kamar yang bergradasi warna gelap, AC akan bekerja lebih keras untuk bisa mendinginkan ruangan tersebut.
  • Jumlah orang dalam ruangan. Jika warna gelap menyerap panas lebih banyak, maka tubuh manusia mengeluarkan panas berdasarkan tingkat metabolismenya. Artinya adalah semakin banyak orang di dalam ruangan, maka akan semakin banyak pula energi panas di sana. Dengan begitu, AC perlu bekerja lebih keras untuk dapat mendinginkan ruangan. Walhasil, konsumsi listrik pun akan lebih tinggi.

Itulah dia 4 faktor yang dapat memengaruhi penggunaan atau konsumsi listrik AC di rumah Anda. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda untuk mengurangi angka tagihan listrik, ya.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.