ban mobil

Kenali Penyebab Mengapa Ban Mobil Cepat Botak

Seperti yang sudah Anda ketahui, ban merupakan bagian terpenting dari kendaraan yang bisa mengurangi gerakan atau goncangan akibat ketidakteraturan permukaan jalan. Tak hanya itu, ban juga berfungsi untuk memberikan kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk meningkatkan percepatan. Untuk itu, sama halnya dengan oli mesin mobil, ban pun harus diperhatikan kondisinya dan segera diganti jika sudah mulai botak.

Hanya saja, patut diketahui pula bahwa kebotakan pada ban tak hanya disebabkan karena penggunaan saja. Ada beberapa hal yang juga bisa mempercepat kebotakan pada ban di antaranya:

  1. Tekanan angin yang kurang tepat. Ketika tekanan angin pada ban kurang tepat, maka permukaan ban akan lebih banyak bersentuhan dengan aspal. Alhasil, ban menjadi lebih cepat tipis karena harus bekerja lebih keras dari biasanya. Tak hanya itu, ketika kamu memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi pun, ban akan berisiko retak dan memperparah kondisi permukaannya.
  2. Bobot kendaraan. Tak bisa disangkal, bobot kendaraan juga sangat berpengaruh dengan kondisi ban. Ketika Anda mengemudi dan membawa bobot yang melebihi batas maksimal, maka bebannya akan lebih terasa ke ban. Sebab ban akan tertekan dan akhirnya lebih sering bersinggungan dengan aspal sehingga membuat permukaannya lebih lebar serta cepat aus.
  3. Tidak merawat ban. Meskipun penting, ban menjadi salah satu area di mobil yang seringkali terabaikan. Tak sedikit pengguna yang lupa untuk menjaga sudut ban atau spooring dan Akibatnya, ban menjadi cepat aus dengan permukaan telapak yang tak merata. Jika terus dibiarkan, maka konsumsi bahan bakar harian pun bisa lebih boros.
  4. Kebiasaan mengemudi. Setiap orang memiliki kebiasaan mengemudi yang berbeda-beda. Namun, tanpa disadari, bisa saja perilaku mengemudi itu ternyata tidak baik karena bisa membuat permukaan ban botak. Misalnya saja seperti mengerem mendadak hingga akselerasi berlebihan yang membuat permukaan menjadi cepat tipis.

Ada banyak hal-hal yang menyebabkan permukaan ban cepat tipis. Mengenali salah satunya bisa menjadi salah satu cara Anda untuk menjaga agar ban tetap awet. Punya tips lain yang belum disebutkan di sini? Yuk, bagikan!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.