yoga

Gerakan Yoga untuk Kamu yang Punya Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan adalah masalah (ketidaknormalan) yang terjadi pada organ-organ sistem pencernaan. Dengan demikian, masalah ini dapat terjadi di kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, hati, pankreas, sampai kantung empedu. Untungnya, gangguan pada sistem pencernaan ini bisa dikurangi melalui gerakan yoga.

Bagaimana bisa?

Sebuah penelitian tentang yoga menemukan bahwa senam gerak badan ini memiliki dua dampak positif untuk usus manusia. Keduanya adalah membantu mengurangi stres serta mendukung lebih banyak keseimbangan tubuh; yang mana memungkinkan semua sistem—termasuk sistem pencernaan—bekerja pada tingkat yang optimal. Lantas, apa sajakah gerakan yoga yang dimaksud?

Sukhasana Twist

Gerakan pertama bernama Sukhasana twist. Mengutip laman Bustle, melakukan pose ini di pagi hari mampu mengurangi masalah pencernaan seperti perasaan kembung. Bagaimana, sih, bentuk pose ini?

Duduk tegaklah dengan posisi kaki menyilang di depan. Setelah itu, jagalah posisi tulang belakang agar tegak lurus lalu tarik napas dan angkat lengan ke atas. Buang napas, kemudian putar tubuh bagian atas ke arah kanan. Turunkan lengan, posisikan tangan kanan di lantai dan tangan kiri di  lutut kanan. Diam dalam posisi ini selama 3–5 kali embusan napas, lalu ulangi gerakan yang sama dari mengangkat lengan ke atas namun posisikan badan menghadap arah sebaliknya.

Happy Baby

Gerakan yoga kedua bernama happy baby. Sama seperti pose sebelumnya, gerakan ini juga bisa mengurangi rasa begah atau kembung di perut lantaran peletakan kedua kaki di atas perut.

Untuk melakukan gerakan ini, kamu bisa berbaring telentang kemudian menekuk lutut ke arah ketiak. Selanjutnya posisikan kedua tangan di antara kedua kaki, pegang kedua kaki sembari mengarahkan mereka mendekat ke ketiakmu dengan gerakan perlahan yang nyaman. Terakhir, diamlah dalam posisi itu selama 5–7 kali helaan napas yang panjang.

Bow Pose

Pose selanjutnya adalah bow pose. Gerakan ini juga baik untuk pencernaan kamu karena posisinya akan membuka sisi depan tubuh sekaligus meningkatkan aliran darah ke organ dalam.

Untuk melakukan gaya ini, kamu bisa berbaring tengkurap terlebih dahulu. Setelah itu, tekuk lutut ke arah bokongmu kemudian tarik bagian atas tubuh (kepala hingga dada) dan kedua tangan ke arah belakang. Selanjutnya, tarik napas dalam-dalam hingga ke perut kemudian seimbangkan posisi badan. Diam dalam posisi tersebut selama 3–5 helaan napas.

Selain ketiga pose di atas, child’s pose, camel pose, locust pose, bridge pose, cobra pose, dan Supine twist juga bisa menjadi gerakan yoga yang bagus untuk mengurangi masalah pencernaan kamu. Siap mencoba?

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.