sistem pelumasan otomatis

Ini Alasan Industri Sebaiknya Menggunakan Sistem Pelumasan Otomatis

Semua hal yang menggunakan mesin sebagai operasionalnya pasti akan memanfaatkan lubrication system Indonesia atau sistem pelumasan. Sebab, tanpa adanya sistem pelumasan yang baik pada mesin maka sudah bisa dipastikan mesin tidak akan bisa bekerja secara normal. Tidak hanya itu, mesin juga bisa menjadi lebih cepat rusak yang akhirnya berakibat pada meningkatnya biaya perbaikan. sistem pelumasan otomatis

Untuk mencegah hal tersebut, sistem pelumasan harus terus berjalan secara sempurna, baik dari segi kelancaran aliran pelumas hingga jumlah pelumas yang mengalir. Demi mewujudkannya, banyak perusahaan industri yang memanfaatkan sistem pelumasan otomatis. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa perusahaan industri sebaiknya menggunakan sistem pelumasan otomatis, yaitu:

  • Mengurangi risiko terjadinya kontaminasi

Pelumas berfungsi untuk mengurangi gesekan antar komponen mesin yang terjadi pada saat mesin sedang beroperasi. Namun ketika cairan pelumas terkontaminasi dengan kotoran sekecil apapun justru akan berdampak buruk pada komponen mesin. Menggunakan sistem pelumasan otomatis akan memperkecil risiko terjadinya kontaminasi karena kontak antara pelumas dengan lingkungan tidak terlalu banyak. Anda hanya perlu sesekali memasukkan cairan pelumas dalam jumlah yang sudah ditentukan dan selanjutnya sistem yang akan mengatur penggunaannya.

  • Memastikan jumlah aliran akurat

Sistem pelumas otomatis dapat melindungi komponen mesin secara optimal karena bkerja secara terkomputerisasi. Anda bisa mengatur berapa jumlah pelumasan yang harus digunakan pada setiap titik sehingga tidak akan ada bagian yang menggunakan pelumas secara berlebihan. Hal ini akan terus berlangsung secara konsisten selama Anda tidak mengubah pengaturannya dan sistem pelumasan masih berfungsi dengan baik. Dengan begitu, mesin Anda akan bisa selalu bekerja secara maksimal.

  • Mengurangi biaya

Sistem pelumasan otomatis akan mengurangi risiko kerusakan mesin akibat penggunaan pelumas yang berlebih atau bahkan kurang. Secara otomatis, Anda bisa menurunkan biaya perawatan mesin karena mesin dapat bekerja lebih optimal dan tidak mengalami masalah akibat pelumasan. Selain itu, karena keakuratan jumlah pelumas pada sistem ini, membuat Anda bisa menekan biaya pelumas yang mungkin selama ini terlalu tinggi akibat banyak terbuang saat menggunakan sistem pelumasan manual. Anda juga bisa mengurangi biaya operasional dari sisi karyawan. Sebab, meskipun sistem pelumasan otomatis membutuhkan operator untuk memastikan sistem ini berfungsi sempurna, jumlahnya tetap lebih sedikit dibandingkan dengan pengeluaran untuk operator saat menggunakan sistem pelumasan manual.

Banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan pemanfaatan sistem pelumasan otomatis. Jadi tidak ada salahnya jika Anda mulai coba menerapkannya pada industri Anda. Semoga bermanfaat!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.