Meeting

Ini Etika Meeting yang Harus Ditaati

Semua hal pasti ada aturannya, apalagi jika berurusan dengan profesionalitas kerja. Salah satunya yaitu pada saat Anda melakukan pertemuan dengan rekan kerja di Hotel Harris Meeting Room, maka ada beberapa hal penting yang harus dipahami. Sebab, tidak jarang urusan bisnis mengalami masalah hingga harus menimbulkan kerugian besar akibat mengabaikan hal tersebut.

Lalu, apa sajakah etika saat meeting yang harus dipahami? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • On time.

Maaf datangnya agak telat karena jalanan macet.

Mungkin Anda pernah mendengar alasan tersebut ketika rekan kerja yang meeting dengan Anda datang terlambat. Atau mungkin justru Anda yang pernah menggunakan alasan tersebut?

Sebenarnya kemacetan jalanan tidak bisa dijadikan alasan keterlambatan datang karena hal tersebut sudah terjadi setiap waktu. Jadi seharusnya Anda yang menyesuaikan waktu keberangkatan dengan jadwal meeting. Beri jarak waktu cukup panjang agar bisa sampai ke lokasi meeting tepat waktu atau bahkan lebih awal. Hal ini pasti akan memberikan kesan yang baik pada rekan kerja Anda.

  • Berpakaian sopan.

Di mana pun lokasi meeting dilakukan, Anda tetap harus berpakaian dengan sopan. Tidak perlu menggunakan jas lengkap, setidaknya Anda bisa menggunakan kemeja dan bawahan yang rapi.

  • Lakukan persiapan.

Tidak mengerti topik utama yang akan dibicarakan saat meeting pastinya akan membuat peserta lainnya merasa kesal. Apalagi jika hal tersebut sudah diinformasikan jauh-jauh hari sebelum waktu meeting agar bisa dipelajari terlebih dahulu. Jadi, pastikan Anda membaca bahan yang akan dibahas saat meeting dan memahaminya terlebih dahulu sebelumnya.

  • Bicara sesuai dengan bagiannya.

Pahami dengan benar bahwa ada saatnya Anda boleh bicara dan ada saatnya Anda harus menjadi pendengar. Jangan pernah memotong ketika ada orang lain berbicara sekalipun yang dikatakan perlu Anda klarifikasi. Tunggulah sampai waktunya Anda berbicara dan barulah Anda coba untuk menjelaskan dari sudut pandang Anda.

  • Mematikan dering ponsel.

Ponsel berbunyi pada saat meeting merupakan hal yang sangat tidak sopan dan dianggap tidak menghargai peserta meeting lainnya. Itulah sebabnya, pastikan untuk mematikan dering dan getar ponsel sebelum meeting agar tidak mengganggu konsentrasi Anda maupun peserta.

Meskipun terlihat sederhana, etika meeting ini terkadang diabaikan oleh sebagian orang. Apalagi bagi yang sudah merasa dekat dengan peserta meeting atau meeting dilakukan di tempat yang santai seperti kafe. Padahal dengan siapa pun dan di mana pun Anda meeting, etika ini tetap harus dijaga. Semoga bisnis Anda lancar.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.