desain interior apartemen

Hal-hal yang Harus Anda Perhatikan Saat Mendekorasi Ruangan

Saat Anda membeli rumah di properti Indonesia yang Anda pilih, tidak menutup kemungkinan kalau Anda menginginkan tatanan dan warna yang baru agar lebih nyaman untuk dihuni bersama keluarga Anda. Banyak juga yang rela membayar oranng untuk mendesign rumahnya agar tatanan dan warnanya seirama walaupun dengan harga yang tidak murah. Tapi bagaimana dengan yang tidak memiliki cukup budget untuk menyewa jasa design? Pastinya akan sangat rumit untuk menentukan warna dan furnitur yang cocok dengan tema keinginan kita. Maka dari itu, simak beberapa tips dibawah ini agar Anda dapat menentukan tema yang akan diterapkan di rumah kesayangan Anda.

  1. Menentukan Warna Pilihan.

Pilihan warna yang ingin Anda miliki untuk setiap ruangan harus jelas dan tepat dengan karena satu warna harus memiliki kaharmonisan dengan warna satunya lagi. Akan sangat disarankan bagi Anda untuk menentukan warna apa yang ingin Anda tonjolkan di ruangan tertentu. Dengan begitu, Anda hanya tinggal mencari warna sekunder yang sekiranya cocok untuk ditampilkan bersamaan dengan warna utama pilihan Anda. Jika masih bingung dengan warna apa yang harus Anda pilih, Anda dapat mencari beberapa contoh dari pinterest atau website mana pun yang dapat memberikan Anda inspirasi.

  1. Memilih Furniture.

Saat Anda akan memilih furniture, jangan lupa untuk mempertimbangkan ukuran. Jangan sampai Anda memilih furniture sesuka hati karena designnya yang bagus tanpa mengukur besar ruangan yang Anda miliki. Pastikan Anda mengukur ruangan yang hendak Anda dekorasi dengan tepat agar Anda dapat mempertimbangkan furniture apa yang akan Anda beli untuk melengkapi ruangan. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan warna furniture dengan skema warna yang sudah Anda pilih agar terlihat selaras dengan tema ruangan yang sudah Anda tentukan.

  1. Menambahkan Tekstur.

Desain interior rumah juga mengandalkan permainan tekstur. Jangan sampai rumah Anda terlihat sangat datar dengan penggunaan bahan yang sama. Misalnya Anda hanya menambahkan furniture dari bahan kayu solid saja dengan warna cokelat dan semua dekorasinya juga menggunakan satu bahan saja. Coba bermain-mainlah dengan banyak tekstur misalnya dengan menambahkan karpet, cushion, atau selimut. Tapi tetap diingat bahwa Anda harus menyesuaikannya dengan skema warna yang sudah dipilih sebelumnya.

  1. Menggunakan Penerangan Alami.

Jangan lupa juga untuk memastikan ruangan yang sedang Anda dekorasi ini memiliki penerangan yang cukup untuk kenyamanan Anda beraktifitas. Akan sangat disarankan bagi Anda untuk menambahkan jendela ke luar di setiap ruangan agar sinar matahari dapat masuk ke dalam sehingga Anda tidak perlu menyalakan lampu saat siang hari. Selain menghemat listrik karena sudah mendapatkan penerangan alami dari luar, memiliki jendela di setiap ruangan juga menjaga ruangan agar tidak lembab.

 

Semoga tips-tips diatas dapat membantu untuk mendekorasi ruangan sehingga mencapai ekspektasi yang sudah Anda inginkan!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.