televisi 8K

Televisi 8K, Si TV Masa Depan

Seperti pengetahuan, teknologi adalah sesuatu yang tak akan pernah mati. Mengikuti pesatnya pergerakan zaman adalah suatu hal yang juga tak dapat dihindari. Inilah asal muasal kehadiran televisi 8K yang digadang-dagang akan menjadi televisi masa depan. Mungkin saja, 2020 nanti Anda bisa mendapatkan pengalaman TV kabel dan internet yang lebih menakjubkan dengan perangkat ini. Tertarik untuk mengetahui ‘anak baru’ satu ini? Simak kelanjutan artikel ini ya.

Secara umum, televisi 8K adalah kelipatan dari televisi 4K Ultra HD, atau 16 kali televisi Full HD (ukuran 1080p). Bila dinyatakan dalam ukuran pixel, maka televisi ini mencakup 7.680 x 4.320 atau sekitar 33 juta pixel. Prototipe pertama televisi ini muncul pertama kali pada acara CES (International Consumer Electronics Show) tahun 2013 yang dibawa oleh salah satu produsen barang elektronik milik Jepang. Ditampilkan dalam ukuran 85 inci, pada masa itu prototipe televisi ini hanya menjadi pajangan. Pasalnya, di tahun tersebut produsen-produsen televisi bahkan masih mengembangkan televisi 4K Ultra HD.

Beberapa tahun berselang, stasiun televisi Jepang, NHK meluncurkan satelit 8K pertama mereka pada tahun 2016. Momentum ini menjadikan televisi 8K menjadi nyata—namun masih dalam bentuk kualitas gambar. Beberapa bagian Olimpiade Rio tahun 2016 diambil dan ditayangkan dalam ukuran 8K oleh NHK, meski yang dapat menyaksikan versi ini hanya sejumlah pihak.

Salah satu produsen elektronik asal Korea Selatan mengeluarkan model televisi 8K mereka pertama kali pada tahun 2018. Dengan pelbagai ukuran mulai 55 hingga 98 inci, televisi ini dijual dengan harga mulai $3500 atau sekitar Rp48 juta. Produsen elektronik lain dari Korea Selatan juga meluncurkan televisi 8K dengan rentang ukuran 75 dan 88 inci dan harga mulai $5000 atau Rp69 juta. Harga dan ukuran televisi-televisi ini mungkin tergolong tidak masuk di akal untuk sebagain orang. Tak perlu khawatir, pasalnya, harga kick off produk baru memang cenderung tinggi. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, bertambahnya pilihan, dan berkembangnya teknologi, harga dan ukuran televisi ini akan masuk di akal.

Nah, itu dia update tentang televisi masa depan. Sudah terpikir untuk memilikinya suatu saat nanti? Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.