icon web

Ini Penyebab Situs Mengalami Down

Gagal akses pada situs merupakan hal yang umum terjadi. Bagi orang yang awam terhadap dunia internet dan hanya tahu menggunakannya, mungkin akan langsung menyalahkan koneksi internet. Padahal bisa jadi hal ini bukan kesalahan koneksi, apalagi jika internet service provider yang kamu gunakan memiliki kualitas stabil.

Nah, kalau bukan internet, berarti apa ya penyebabnya? Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Kualitas hosting

Setiap website membutuhkan server yang mampu bekerja 24 jam agar dapat dibuka setiap waktu. Namun, ketika hosting yang Anda gunakan tidak bisa menyediakan fasilitas server yang baik, maka website akan sering down atau mengalami gagal akses.

Jika Anda adalah pemilik website, maka pastikan hosting yang digunakan memiliki waktu uptime hingga 99,999%. Semakin tinggi waktu uptime yang diberikan, artinya semakin kecil risiko website mengaalami gagal akses akibat downtime.

  • Bandwidth

Bandwidth adalah besaran kapasitas data yang dapat dikirimkan dalam satu waktu. Ibaratnya sepertui pipa air, ketika ukuran pipa besar maka jumlah atauvolume air yang bisa mengalir juga semakin banyak. Sebaliknya, ketika pipa air kecil maka volume air yang dapat dialirkan juga sedikit.

Artinya, jika bandwidth website rendah atau kecil, maka jumlah visitor atau pengunjung yang bisa mengunjungi website Anda dalam satu waktu akan terbatas. Semakin banyak pengunjung yang membuka website secara bersamaan akan menyebabkan website mengalami down.

  • Maintenance

Server terkadang mengalami down akibat adanya gangguan jaringan maupun karena maintenance. Untuk gangguan jaringan, biasanya terjadi secara mendadak dan proses perbaikannya akan membutuhkan waktu.

Sementara untuk proses maintenance, jadwal terjadinya down sudah diatur. Umumnya akan mengambil waktu di mana kebutuhan user cukup jarang. Misalnya saat tengah malam atau dini hari.

  • Traffic tinggi

Ada banyak hal yang menyebabkan terjadinya error atau gagal akses akibat traffic tinggi. Pada situs ecommerce, biasanya terjadi pada waktu tertentu ketika sedang banyak diskon. Hal ini bukan sesuatu yang mengkhawatirkan karena hanya bersifat temporary.

Sementara untuk penyebab yang perlu dikhawatirkan adalah ketika terjadinya DDOS attack. Ini merupakan kondisi di mana jaringan server mengalami serangan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Jika Anda memiliki website dan suatu hari mengalami down, cobalah untuk menghubungi hosting yang digunakan untuk memastikan penyebabnya. Semoga informasi di atas membantu!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.