mie lendir

Jangan Lupa, Cicipi Makanan Ini Saat Berlibur di Batam!

Saat liburan di kota Batam, jangan hanya berdiam diri di Hotel Barelang, kamu harus mengeksplor kota satu ini dengan mengunjungi destinasi wisata terkenal. Mulai dari; Jembatan Barelang, Kampung Vietnam, Pantai Nongsa, Pulau Ranah, Ocarina Park, Kebun Raya Batam, Marina City, hingga Bukit Senyum. Seperti diketahui, kawasan wisata di kota Batam ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah sehingga sangat disarankan untuk didatangi.

Namun, tidak hanya kawasan wisata, kamu juga wajib mencicipi beragam kuliner yang menjadi ciri khas kota ini. Apa sajakah itu? Langsung dicek, yuk!

  1. Mie Lendir. Meski julukannya sedikit aneh, tapi jangan salah mie lendir ini memiliki cita rasa yang sangat lezat. Mie lendir terbuat dari mie kuning yang direbus dengan tauge dan diberi bumbu kacang. Berbeda dengan bumbu kacang pada umumnya, bumbu kacang pada mie lendir ini ditambahkan rempah dan diberi tepung kanji sehingga menghasilkan kuah yang begitu kental. Biasanya, penyajian mie ini diberi tambahan seledri, bawang goreng, acar cabe, dan telur.
  2. Bingka Bakar. Jangan sampai lupa mencicipi bingka bakar. Tidak hanya bisa dicicipi di kota Batam, makanan khas satu ini bisa kamu bawa pulang. Dari segi rasa, bingka bakar ini memiliki rasa yang hampir mirip dengan bika ambon, tapi bedanya bagian dalam bingka bakar tidak ada bolongan layaknya bika ambon. Varian rasa dari bingka bakar pun terbilang cukup banyak seperti wijen, keju, pandan, strawberry, dan cokelat. Namun demikian, tahukah kamu sebenarnya makanan ini berasal dari Kerajaan Melayu yang diserap oleh kota Batam.
  3. Otak-otak. Sekalipun kamu sudah terbiasa memakan otak-otak, tapi tidak ada salahnya mencicipi otak-otak khas kota Batam. Di Batam sendiri otak-otak dibuat dari ikan makarel yang dicampur dengan tepung sagu, santan, telur, dan bumbu rempah. Ada dua varian rasa yang bisa dipilih jika kamu ingin membeli makanan ini, yakni original dan pedas. Apabila ingin membawa pulang, disarankan membeli otak-otak mentah agar sesampainya kamu di rumah masih bisa dimakan.
  4. Luti Gendang. Jika dilihat sekilas, luti gendang ini memang terlihat mirip dengan kroket. Namun, yang membedakannya adalah isian luti gendang ini terbuat dari ikan yang dihancurkan dan dimasak dengan campuran bumbu khas. Biasanya, banyak pedagang kaki lima yang menjajakan makanan ini sehingga saat ingin mencicipinya kamu tidak akan kesulitan mencarinya.

Itulah deretan makanan khas yang bisa dicicipi saat liburan di kota Batam. Selamat menikmati, ya!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.