Kenali Oli untuk Kebutuhan Mesin yang Tepat

Mesin, kendaraan bermotor, bahkan beberapa teknologi tentu membutuhkan oli ‘sehat’ dalam melakukan performa mesin secara baik. Alat pelumas mesin satu ini menjadi hal yang cukup viral dalam kinerja sebuah mesin. Kegiatan ganti oli mesin tentu menjadi sebuah keharusan secara berkala yang dilakukan oleh pengguna dari teknologi tersebut.

ganti oli mesinBeberapa merek produksi oli mesin tentu memiliki cukup banyak jenis. Misalnya saja seperti oli untuk mesin diesel yang ternyata berbeda dengan oli mesin bensin. Selain itu, tingkat kekentalan liquid oli dapat dikenali melalui kombinasi dari angka dan huruf yang tertera dalam kemasan. Sebagai seorang pengguna alat bermesin, tentu kamu harus hal ini agar tidak terjadi kesalahan dalam pembelian atau pemakaian oli.

Terdapat kode dalam kemasan yang diawali dengan kata ‘SAE’ atau merupakan singkatan dari Society of Automotive Engineers. Kata tersebut menandai tingkat kekentalan oli tersebut yang kemudian ditandai dengan angka yang merupakan simbol suhu. Setelah angka tersebut, akan terdapat sebuah kata atau kode huruf W yang merupakan simbol dari kata winter. Selanjutnya, akan terdapat angka terakhir yang merupakan simbol tingkat kekentalan dari kadar oli tersebut.

Tentu setiap kendaraan memiliki rekomendasi oli yang berbeda. Sangat tidak dianjurkan untuk kamu menyamakan kebutuhan dari semua tipe kendaraan adalah sama. Beberapa kendaraan memiliki sparepart yang cenderung sensitif terhadap penggunaan oli yang tidak sesuai. Penggunaan oli yang tidak sesuai dengan kebutuhan mesin tersebut tentu dapat memicu umur mesin yang mudah mengurangi performanya. Bahkan hal terburuk adalah dapat mempercepat kerusakan dalam mesin. Apabila kamu adalah tipe orang yang tidak begitu mengerti tentang kebutuhan mesin, sangat dianjurkan untuk melakukan service secara berkala di bengkel kendaraan andalan atau meminta saran orang yang lebih ahli dengan mesin kendaraan bermotor.

Sebagai pengguna kendaraan bermotor tentu kamu perlu pengetahuan sederhana ini untuk merawat keadaan mesin. Layaknya fungsi organ tubuh manusia, mesin kendaraan bermotor juga perlu mendapat ‘konsumsi’ perlengkapan yang sesuai dengan kebutuhan. Penggunaan sparepart, perlengkapan seperti oli, dan atau tanda-tanda penanganan mesin tersebut tentu dapat membuat umur dari mesin lebih panjang. Semoga bermanfaat! (VIKW)

Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.