Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Cuci Mobil

Agar mobil awet, Anda tentu harus merawatnya setiap saat. Mulai dari; mengganti oli mobil yang dibeli melalui toko jual oli mobil, mengecek kondisi mobil, servis mobil secara berkala, dan tidak ketinggalan rutin mencuci mobil setiap hari setelah digunakan. Melakukan ini semua memang dapat membuat mobil awet dan bebas dari karatan atau apapun yang berhubungan dengan kotoran, akan tetapi khusus untuk perawatan mencuci mobil jangan sampai melakukan kesalahan, ya.

Mengapa? Sebab salah sedikit saja, malah membuat bodi luar mobil Anda terlihat kusam bahkan sampai mengelupas. Untuk itu, agar Anda tidak mengalami kejadian seperti ini, ada baiknya ketika mencuci mobil jangan melakukan beberapa kesalahan berikut, di antaranya:

  1. Mencuci mobil di bawah terik matahari. Sebagian dari Anda mungkin sering mencuci mobil di bawah sinar matahari, kan? Tahukah Anda, mencuci mobil di bawah terik matahari ini sebenarnya tidak diperbolehkan, loh. Ini karena sabun yang masih menempel pada bodi mobil akan cepat kering. Tentu pengeringan yang terjadi ini dapat menimbulkan kerak yang sangat tidak enak untuk dipandang. Oleh sebab itu, jangan pernah mencuci mobil di bawah sinar matahari sekalipun dapat mempercepat pengeringan.
  2. Menggunakan sabun lain bukan sabun khusus. Tidak menutup kemungkinan, kebanyakan dari Anda mungkin pernah menggunakan sabun lain seperti sabun cuci piring ketika mencuci mobil. Benar, kan? Memang sih, tekstur dari sabun tersebut mirip dengan sabun khusus untuk mobil, akan tetapi kandungan yang tersimpan di dalamnya terlalu keras sehingga dapat mengakibatkan cat mobil terlihat belang, memudar, bahkan sampai tergores. So, jangan pakai sabun lain ketika mencuci mobil, ya!
  3. Hanya membersihkan bagian terluar mobil. Seringkali banyak pemilik yang hanya membersihkan bagian luar mobil tidak bagian dalamnya. Padahal, melakukan ini tentu sangat tidak disarankan sekali karena bagian dalam mobil tersebut tidak akan luput dari kotoran. Apalagi, ada makanan yang tumpah pasti ini harus cepat dibersihkan. Untuk itu, jangan sampai lupa untuk membersihkan bagian terdalam mobil ketika membersihkannya ya, guys!

Selain beberapa hal yang sudah disebutkan di atas, ketika mencuci mobil sebaiknya Anda pun tidak melakukan beberapa kesalahan ini, di antaranya:

  • Hanya mencuci dengan menggunakan satu ember air
  • Lupa membersihkan bagian ban dan velg mobil
  • Melupakan bagian sela pintu dan hanya membersihkan bagian yang terlihat saja
  • Tidak membersihkan bagian karpet dan dashboard mobil

Semoga bermanfaat, ya! –SH–

Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.