Cassoulet

Kuliner Nikmat Nan Lezat Khas Prancis. Pernah Coba?

Bicara soal kuliner Prancis, yang langsung terlintas di benakmu pastilah croissants atau ratatouille. Padahal Prancis juga menyimpan begitu banyak jenis kuliner yang lezat dan menarik untuk dicicipi. Mulai dari cassoulet, flamiche, beef burguignon, hingga salad nicoise. Nah, untuk kamu yang barangkali tengah bermimpi berlibur ke Prancis dan mencicipi kuliner dengan tiket pesawat, visa, serta asuransi liburan yang sudah di tangan, yuk simak artikel ini!

  1. Cassoulet 

Cassoulet merupakan hidangan musim dingin nan mengenyangkan dan juga lezat. Terbuat dari kacang putih, sosis, dan juga daging, cassoulet ini biasa dimasak bersamaan dalam sebuah pan. Penyajiannya pun cukup sederhana tanpa dipindahkan ke piring untuk ditata. Tak heran, porsinya yang cukup besar ini juga membuat cassoulet menjadi hidangan makan berat. Daging yang digunakan untuk cassoulet pun beragam, bisa daging bebek, babi, sapi, angsa, maupun kambing. Rasanya? Gurih dan berlemak!

  1. Flamiche 

Pai tradisional yang berasal dari Prancis Utara ini juga menjadi primadona untuk masyarakat setempat. Pasalnya, tak hanya lezat, flamiche juga gurih dan nikmat untuk dikonsumsi dalam keadaan hangat. Flamiche terbuat dari puff pastry dengan isian daun bawang cincang, mentega, dan susu krim. Agar lebih nikmat, tak jarang masyarakat menambahkan keju, bacon, serta jenis sayuran lainnya sesuai selera. Selidik punya selidik, resep flamiche ternyata sudah ada sejak abad ke-18, lho! Sepintas, flamiche ini akan mengingatkan kamu dengan quiche, namun keduanya berbeda.

  1. Beef Bourguignon 

Untuk kamu yang pernah menonton film Julie & Julia, pastinya sudah akrab dengan hidangan Prancis berupa beef burguignon! Ya, olahan daging ini memang menjadi salah satu highlight recipe yang dimasak oleh sang tokoh utama. Nah, di Prancis, beef burguignon ini memang cukup terkenal karena kelezatannya. Berasal dari Prancis Timur, beef burguignon terbuat dari daging sapi yang direbus dalam anggur merah untuk menghasilkan cita rasa yang kaya.

  1. Salad Nicoise 

Jika cassoulet cocok untuk dimakan saat musim dingin, maka salad nicoise ini cocok untuk dikonsumsi saat musim panas. Pasalnya, kuliner asal Prancis Selatan ini terbuat dari campuran sayur segar berupa selada, tomat, kacang panjang, serta buah zaitun, yang kemudian disajikan bersama telur rebus, ikan teri, serta potongan ikan tuna. Rasanya tentu lezat, gurih, dan ‘ringan’ untuk dikonsumsi saat musim panas dengan segelas es.

Dari empat olahan kuliner Prancis di atas, mana yang membuatmu tertarik untuk mencicipinya? Well, kalau belum bisa ke Prancis, silakan coba sendiri di rumah, ya. Ada banyak resep mudah yang bisa ditiru dan dikreasikan, lho. Selamat mencoba!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.