charging ponsel

Bolehkah Mengisi Ulang Ponsel di Dalam Mobil?

Untuk kamu yang memiliki tingkat mobilitas tinggi, mengisi ulang baterai ponsel di mobil menjadi pilihan yang tepat. Dengan begitu kamu tidak perlu menunggu lama hingga baterai ponselmu penuh saat mau bepergian, atau merasa takut baterai ponsel akan habis dalam perjalanan.

Namun, amankah jika hal ini dilakukan terlalu sering? Apakah akan berdampak buruk pada ponsel kesayanganmu?

Jawabannya adalah jelas, tentu saja akan memiliki dampak buruk bagi ponselmu. Berikut ini adalah penjelasannya yang dirangkum dari situs rd.com dan businessinsider.com:

Proses charging ponsel di mobil biasanya dilakukan dengan memanfaatkan pemantik api untuk menyalakan rokok di mobil. Padahal ukuran volatage yang dihasilkan dari alat ini sebagian besar mencapai 12V, sementara ukuran yang umum digunakan pada charger adalah 5V. Jika alat atau adapter yang kamu gunakan adalah original dari brand ponselmu, mungkin mereka sudah memiliki teknologi khusus untuk menyesuaikan tingginya voltage tersebut agar tidak membahayakan ponselmu. Namun, ketika adapter mengalami kerusakan maka hal tersebut tidak terjadi. Sayangnya banyak pengguna ponsel yang tidak menyadarinya.

Lalu, bagaimana dengan mobil yang dilengkapi dengan port khusus untuk mengisi ulang baterai ponsel?

Pada kondisi tersebut yang terjadi justru sebaliknya. Tegangan pada port tersebut umumnya lebih rendah dari yang dibutuhkan oleh ponselmu, apalagi untuk kamu yang memiliki fitur fast charging pada ponsel. Bisa jadi proses pengisian ulang akan berlangsung sangat lama atau bahkan tidak mengisi sama sekali.

Jika hal tersebut terus dilakukan, maka akan berdampak buruk pada baterai ponselmu. Bahkan yang terparah adalah bisa memengaruhi komponen lain pada ponselmu, termasuk motherboard yang merupakan komponen utama ponsel. Jika sudah begini, maka biaya perbaikannya tidak akan murah.

Jadi bagaimana dong penyelesaiannya?

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan yaitu sebaiknya isi ulang baterai ponselmu sampai penuh sebelum bepergian terlebih dahulu. Jika kamu ragu baterai tersebut akan aman hingga kamu sampai ke rumah, kamu bisa membawa powerbank untuk cadangan. Pastikan bahwa powerbank yang kamu bawa memiliki kualitas yang bagus dan tidak asal-asalan. Jika memang tingkat mobilitas tinggi dan penggunaan ponselmu sangat aktif selama bepergian sampai powerbank tetap tidak bisa memenuhi kebutuhan pengisian ulang baterai ponselmu, maka kamu boleh mengisi ulang dalam mobil. Namun ingat, hanya gunakan cara ini saat kamu benar-benar terpaksa. (Vita)

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.