Perhatikan Hal ini Sebelum Naik Gunung Bagi Pemula bag 2

mendaki gunung untuk pemulaApakah kamu sudah memilih asuransi perjalanan terbaik untuk melindungi petualanganmu? Seperti yang telah dijelaskan di artikel sebelumnya (Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula bag 1 ), perlindungan diri sangat diperlukan sebelum kamu mendaki gunung. Karena tidak bisa dipungkiri risiko sekecil apapun masih mungkin terjadi ketika melakukan kegiatan ekstrim seperti mendaki gunung. Namun jangan takut, kamu pasti bisa melakukannya dengan baik jika mengikuti tips-tips berikut ini. (sc: mytrip123.com)

  1. Lakukan Research Terhadap Lokasi Pendakian

Sebelum mendaki gunung, pemula wajib mengecek terlebih dahulu soal lokasi pendakian. Cari tahu seperti apa treknya dan apakah gunung tersebut dalam kondisi baik atau tidak untuk didaki. Kalau bisa untuk pemula pilihlah trek yang mudah-mudah terlebih dahulu ya.

  1. Ketahui Cara Berjalan yang Benar

Berjalan saat mendaki gunung juga ada triknya lho. Cara berjalan yang salah bisa mengakibatkan cidera bahkan kecelakaan. Namun hal buruk seperti itu bisa dicegah jika kakimu lentur saat menapakkan kaki dan selalu fokus pada pijakan. Jangan terlalu tegang dan kaku, cara berjalan yang seperti itu hanya akan membuat langkah terasa berat dan cepat lelah.

  1. Optimis

Yup, optimis berarti merasa yakin kalau kamu bisa mendaki gunung dengan baik dan melalui setiap rintangan. Cobalah untuk tidak mengeluh terlalu sering. Percaya atau tidak, terlalu sering mengeluh juga bisa memengaruhi semangatmu lho. Eits, tapi bukan berarti kamu harus ragu untuk meminta beristirahat sejenak ketika kamu merasa lelah. Justru jika dipaksakan, bisa-bisa berujung dengan hal yang tidak diinginkan.

  1. Jangan Langgar Aturan dan Jagalah Alam

Setiap lokasi pendakian pasti memiliki instruksi dan peraturannya sendiri. Sebelum melakukan pendakian, tim pendaki perlu mendaftar dulu ke petugas. Setelah pendaftaran dan mengetahui instruksi yang harus diikuti, pendakian baru bisa dimulai.

Yang terakhir dan tak kalah penting, jangan lupa untuk menjaga kebersihan. Pastinya salah satu alasan mengapa kamu ingin mendaki gunung adalah karena ingin menikmati keindahan yang dipersembahkan oleh alam bukan? Kalau begitu, jangan sekali-sekali membuang sampah sembarangan, merusak tanaman, dan melakukan hal lain yang dapat merusak alam.

Semoga bermanfaat, stay safe! (Rima)

Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.