Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula bag 1

perlengkapan naik gunungMendaki gunung sepertinya bukan kegiatan yang asing lagi sekarang ini. Mendaki gunung bisa dilakukan siapa saja bahkan untuk orang-orang yang jarang traveling dan berpetualang. Meskipun kegiatan mendaki gunung kini semakin populer, bukan berarti risiko-risiko yang mungkin terjadi mesti diabaikan. Untuk mendapatkan proteksi yang terbaik, kamu memerlukan asuransi perjalanan terbaik agar dapat meminimalisir risiko. Kemudian apa lagi ya yang perlu kamu persiapkan sebelum mendaki gunung? Keep on reading! (sc: mytrip123)

  1. Mempersiapkan Fisik

Persiapan fisik sebelum mendaki gunung itu merupakan hal yang wajib, apalagi buat kamu yang masih pemula. Jauh hari sebelum mendaki, kamu perlu melatih otot dan keseimbangan. Kamu bisa melakukan olahraga rutin seperti lari pagi. Jika sebelumnya kamu tidak rutin berolahraga, kamu bisa memulai plan lari dengan membuat jadwal melalui aplikasi olaharga yang bisa kamu download lewat smartphone.

Mengingat trek mendaki gunung cukup sulit, jangan lupa untuk melatih keseimbangan juga ya. Untuk melatih keseimbangan, lakukanlah senam kecil atau yoga. Dengan latihan fisik yang cukup diharapkan kamu tidak akan kaget dan siap menghadapi trek saat mendaki nanti.

  1. Persiapkan Mental

Tak hanya fisik, mental pun perlu kamu jaga. Jika kamu belum pernah mendaki gunung, wajar saja jika kamu merasa gugup menjelang hari-H pendakian. Namun, jangan sampai rasa gugupmu ini jadi membuatmu stres ya. Yakin saja kalau kamu bisa melewati tantangan yang akan dihadapi dan jangan lupa jaga pola makan dan tidur supaya tetap merasa fresh.

  1. Perlengkapan yang Harus Dibawa

Tak kalah penting, kamu juga perlu mempersiapkan barang bawaan dengan teliti. Berkonsultasilah kepada yang sudah pengalaman untuk mengetahui apa saja yang perlu dibawa nanti. Biasanya barang bawaan yang tidak pernah absen saat melakukan pendakian adalah sarung tangan, sepatu gunung, jaket, kaos kaki, tas kecil, sleeping bag, tenda, matras, senter, tongkat, P3K dan peralatan memasak.

Untuk konsumsi, kamu perlu menyiapkan makanan siap saji yang cukup mengenyangkan namun praktis seperti roti, mie instant, coklat, pisang. Jangan lupa juga untuk membawa air putih yang cukup dan kopi atau teh untuk menghangatkan badan.

Sebenarnya, masih ada lagi beberapa tips yang perlu kamu perhatikan sebelum mendaki gunung. Penasaran? Silakan cek artikel part berikutnya (Perhatikan Hal ini Sebelum Naik Gunung Bagi Pemula bag 2) ya! (Rima)

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.