perlengkapan mandi bayi

Perlengkapan Mandi untuk Bayi dan Cara Memilihnya

Bagi para calon orangtua, penting untuk diingat; bukan hanya kesehatan ibu dan bayi saja yang perlu diperhatikan. Perlengkapan bayi setelah lahir juga perlu dipersiapkan dengan baik. Misalnya seperti peralatan mandi untuk Si Kecil. Jangan disepelekan, sebab ternyata ada banyak peralatan yang perlu Anda sediakan. Selain itu, jangan lupa untuk menyingkirkan aksesoris kamar mandi yang berisiko, seperti aksesoris yang mudah lepas atau yang ujungnya lancip. Semua hal ini perlu dipersiapkan demi keamanan dan kenyamanan bayi Anda.

Nah, berbicara soal perlengkapan mandi bayi, sudahkah Anda mempersiapkannya dengan matang? Jangan sembarangan, ada tips-tips tertentu dalam memilih perlengkapan mandi untuk bayi, lho. Berikut ini terdapat daftar perlengkapan mandi bayi dan tips memilih perlengkapan-perlengkapan yang terbaik.

  • Bak mandi khusus bayi

Jika Anda belum terbiasa, memandikan bayi bukanlah perkara mudah. Nah, bak mandi khusus bayi ini dapat membantu karena dapat memudahkan Anda memegang bayi dan memandikannya. Pastikan Anda memilih bak mandi yang berkualitas. Pilih yang bahannya tidak mudah terkena bakteri, tidak berjamur, dan mudah dibersihkan.

  • Alas bak mandi

Terkadang para orangtua masih merasa kesulitan memandikan bayi meski sudah menggunakan bak mandi khusus karena bayi masih mudah tergelincir saat dimandikan. Satu-satunya solusi agar Si Kecil tidak mudah tergelincir saat dimandikan adalah dengan menggunakan alas bak mandi. Gunakanlah alas mandi yang anti-slip agar bayi Anda tetap nyaman dan tidak mudah tergelincir saat dimandikan.

  • Cairan pembersih tubuh

Sabun dan sampo untuk bayi juga perlu diperhatikan. Jangan sampai bayi Anda kenapa-napa karena sabun dan sampo yang kurang cocok. Cara memilih sampo dan sabun yang benar adalah dengan melihat kandungannya. Pastikan produk bayi tidak mengandung pewarna, pewangi, atau alkohol karena dapat menimbulkan iritasi dan kemerahan.

  • Handuk

Handuk yang digunakan juga tidak boleh sembarangan. Untuk bayi, pilihlah handuk yang lembut agar kulitnya tidak tergores. Kemudian pastikan juga serat handuk kuat agar tidak mudah rontok saat dicuci.

  • Perlak

Sebaiknya sediakan perlak untuk memudahkan Anda saat memakaikan pakaian pada Si Kecil. Selain membuat Si Kecil lebih nyaman, perlak juga dapat membuat meja ganti popok tetap kering.

Kurang lebih, itu dia perlengkapan mandi bayi utama yang perlu dipersiapkan! Semoga membantu! (Rima)

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.