cek mesin mobil

Perlukah Pemeriksaan Mobil Setelah Perjalanan Jauh?

Melakukan ganti oli mesin serta pemeriksaan mesin kendaraan dan komponen lainnya, sebelum melakukan perjalanan jauh adalah hal yang wajib. Apalagi jika rute yang ditempuh tergolong berat seperti jalan berbukit atau dengan tingkat kemacetan yang tinggi. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa kendaraan tidak akan mengalami masalah selama dalam perjalanan.

Namun, bagaimana dengan pengecekan setelah perjalanan? Apakah perlu untuk dilakukan?

Ternyata pengecekan mobil setelah perjalanan jauh dan menempuh medan berat juga penting untuk dilakukan, loh! Namun, tidak semua kendaraan perlu melakukannya. Hanya kendaraan yang berada dalam kondisi berikut ini saja yang membutuhkan pengecekan, yaitu:

  • Ketika mobil Anda berusia lebih dari 10 tahun, karena kondisi mobil sudah tidak sebaik mobil dengan usia yang lebih muda. Perjalanan jauh yang ditempuh dan juga medan yang berat pastinya akan membuat mesin mobil Anda bekerja lebih keras dan akan semakin berisiko mengalami masalah. Meskipun mungkin masalah tersebut belum terlihat, tetapi jika tidak segera diatasi akan semakin parah.
  • Mobil yang mengalami masalah saat perjalanan. Meskipun mungkin Anda sudah berusaha mengatasinya dan mobil sudah dapat berjalan normal hingga sampai ke tempat tujuan, tetapi ada baiknya jika Anda tetap melakukan pengecekan secara menyeluruh. Apalagi jika perbaikan dilakukan di bengkel biasa dengan peralatan yang kurang lengkap. Sebab terkadang perbaikan tersebut hanya bersifat sementara dan tidak benar-benar menyelesaikan permasalahannya. Untuk kondisi ini, berlaku pada mobil dengan usia berapapun.
  • Mobil berusia muda yang sudah memasuki waktunya untuk pengecekan berkala. Meskipun kondisi mesin masih baik dan tidak mengalami masalah apapun selama dalam perjalanan, jika sudah memasuki waktu pengecekan berkala, Anda tetap harus membawa mobil ke bengkel.

Lalu pengecekan apa sajakah yang perlu dilakukan?

Untuk jenis pengecekannya sendiri tergantung pada kondisi mobil. Jika mobil sudah berusia cukup tua, ada baiknya jika dilakukan pengecekan secara menyeluruh untuk memastikan tidak ada masalah. Namun untuk mobil yang mengalami masalah saat dalam perjalanan, pengecekan utama dapat fokus pada bagian komponen yang bermasalah.

Semoga bermanfaat. (Vita)

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.