Pindahkan Gigi ke Netral Saat Lampu Merah

Mobil dengan transmisi matik cukup banyak digemari oleh masyarakat terutama di area perkotaan. Sebab mobil ini mudah dan tidak terlalu membuat lelah saat dikendarai dalam kondisi macet sekalipun. Apalagi perawatannya juga cukup mudah dan bisa ditanggung oleh asuransi mobil komprehensif selama masih termasuk hal yang ditanggung.

Memang, jika melihat cara langkah-langkah untuk mulai mengendarai mobil dengan transmisi ini terdengar sangat mudah. Tinggal masukkan ke gigi “D”, lepas pedas rem secara perlahan, dan injak pedal gas. Namun kenyataannya, tidak semudah itu loh. Sebab ada aturan yang harus Anda ketahui, salah satunya yaitu saat berhenti di lampu merah.

Mungkin Anda berpikir, apa susahnya berhenti di lampu merah? Bukannya hanya tinggal menginjak pedal rem? Memang hal tersebut benar, tetapi sangat penting juga untuk memindahkan gigi ke posisi netral atau “N”. Dan berikut ini adalah beberapa alasannya:

  • Memperpanjang usia komponen mesin

Ketika Anda terbiasa menggunakan gigi “D” dan menginjak pedal rem saat berhenti di lampu merah atau saat macet, maka komponen transmisi akan dipaksa untuk terus bekerja selama waktu berhenti. Akibatnya komponen ini akan mengalami penyusutan usia pakai. Dan jika sudah rusak, maka biaya perbaikannya tidaklah sedikit. Tidak hanya itu, kebiasaan tersebut juga bisa mempercepat kerusakan kampas rem.

  • Memberi waktu pada kaki untuk beristirahat

Banyak pengemudi yang merasa takut mobilnya masih akan berjalan maju ataupun mudur saat memindahkan gigi ke netral. Untuk mengatasinya, Anda bisa menarik tuas rem tangan dan lepaskan pedal rem. Dengan begitu, Anda akan memberikan waktu pada kaki untuk beristirahat. Namun yang perlu diperhatikan adalah, Anda tetap harus waspada dengan lingkungan sekitar meskipun mobil sudah benar-benar berhenti tanpa menginjak rem.

  • Mencegah kecelakaan

Seperti yang telah disebutkan, pada mobil mati untuk dapat melaju hanya perlu berada pada gigi “D” dan melepas pedal rem. Bahkan meskipun Anda tidak menginjak pedal gas sekalipun, mobil tetap bisa berjalan pelan. Jika saat macet atau lampu merah Anda tanpa sadar melepas pedal rem, maka tidak menutup kemungkinan mobil akan menabrak kendaraan yang ada di depan atau belakang Anda.

Namun ketika Anda berhenti dalam kondisi jalan menanjak atau menurun yang cukup terjal, maka tidak masalah jika Anda tetap menginjak rem meskipun sudah menarik tuas rem tangan. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah, gunakan cara ini saat terpaksa saja. Bukan dalam kondisi berkendara di jalan biasa.

Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.