Perhatikan Ini Sebelum Membeli Motor Matic Bekas

Untuk apa beli baru kalau masih banyak dealer yang menyediakan motor bekas (second) dengan harga yang lebih terjangkau? Apalagi kamu masih perlu untuk menyiapkan biaya untuk perawatan oli motor. Mulai dari biaya ganti oli motor hingga biaya perbaikan jika terjadi kerusakan. Lagipula, ada banyak jumlah motor matic bekas yang sebenarnya masih layak pakai dan memiliki performa yang tidak kalah dengan motor baru. Namun, memang kamu harus benar-benar teliti dan memahami bagaimana cara membeli motor matic bekas. Kamu perlu memerhatikan tips di bawah ini terlebih dahulu agar tak menyesal membelinya!

  • Tentukan spesifikasi motor

membeli motorSebelum melihat-lihat jenis motor matic bekas, sebaiknya tentukan dulu apa spesifikasi motor yang kamu inginkan. Tentukan juga pabrikan apa yang membuatnya. Dengan begitu, kamu bisa fokus mencari motor yang kamu inginkan. Sesuaikan juga pilihan motor dengan anggaran yang kamu miliki.

  • Cek harga pasaran

Tugas kamu berikutnya adalah memeriksa harga pasaran motor yang kamu inginkan. Untuk apa? Agar kamu mengetahui kisaran harganya dan tidak membeli motor bekas dengan harga yang terlalu mahal atau terlalu rendah. Eits, jangan tergiur dulu, harga motor bekas yang terlalu rendah juga perlu kamu curigai, lho. Karena itu, jika kamu mendapatkan harga yang sangat murah, periksa kondisi motor dengan sangat teliti dan ketahui alasan mengapa motor tersebut dijual dengan harga yang sangat murah.

  • Hindari pembelian online

Jangankan motor, membeli barang-barang yang lebih sederhana seperti baju atau sepatu saja bisa mengecewakan dan tidak sesuai dengan harapan jika kamu membelinya secara online. Terlebih, kamu memang harus mengecek langsung seperti apa kondisi motor yang ingin kamu beli.

  • Cek kondisi motor

Nah, apa saja yang harus dicek dari motor bekas yang kamu incar? Pertama cek dulu dari hal yang paling terlihat, yakni body motor. Jika pada body tidak terlihat goresan dan kerusakan sedikit pun, kamu bisa lanjut dengan menyalakan mesin motor. Setelah menyalakan ceklah kondisi mesin dan kelistrikan motor. Lalu jangan lupa perhatikan speedometer dan periksa kebocoran oli. Lakukan juga test drive untuk meyakinkan pilihanmu.

Jika semua hal di atas telah dilakukan dan tidak ada masalah, kemungkinan besar motor yang kamu pilih memiliki kondisi yang cukup prima!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.