kacang

Rekomendasi Makanan untuk Jaga Kadar Gula Darah

Bagi kamu para penderita diabetes, melakukan monitor gula darah dan juga menjaga konsumsi makan merupakan hal yang harus dilakukan demi menjaga kadar gula darah. Hanya saja, banyak yang beranggapan bahwa makanan yang dikonsumsi haruslah sehat dan tidak bisa sembarangan. Hal ini memang benar adanya, namun bukan berarti kamu tak boleh mengonsumsi makanan yang nikmat. Ada banyak sekali kok makanan lezat yang mampu menjaga kadar gula darahmu. Apa saja? Simak dalam artikel berikut, ya!

  1. Sayuran rendah karbohidrat. Sayuran memang memiliki segudang manfaat untuk tubuh kita. Hanya saja, tak semua sayuran cocok untuk penderita diabetes. Disarankan untuk mengonsumsi makanan yang lezat, serta rendah karbohidrat. Contohnya saja jamur, bawang, terung, tomat, kubis, dan juga zucchini. Kamu bisa memasak sayuran tersebut sampai matang atau ditumis sehingga nikmat saat dikonsumsi.
  2. Kacang-kacangan. Tak hanya sayuran, disarankan pula untuk mengonsumsi serat yang terkandung dalam kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang lentil, dan juga jagung. Kacang-kacangan tak hanya memiliki rasa yang gurih dan enak, tetapi juga mengandung serat yang membuat Anda tetap kenyang.
  3. Ikan dengan asam lemak omega 3. Untuk menjaga agar kadar gula darah tetap normal, disarankan untuk mengonsumsi ikan yang kaya protein serta omega 3. Rekomendasi ikan yang rendah lemak serta tinggi omega 3 yang bisa kamu masukkan ke dalam konsumsi makan harian adalah ikan salmon, tuna, kembung, dan juga ikan halibut. Tak hanya enak, ikan ini juga akan membuat kamu kenyang lebih lama.
  4. Tahukah kamu? Buah alpukat merupakan sumber lemak yang baik untuk tubuh. Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang mampu mengendalikan kadar gula darah. Kamu bisa langsung mengonsumsi buah ini, atau dihancurkan terlebih dahulu agar lebih nikmat.
  5. Buah berry. Terakhir, kamu bisa mengonsumsi buah berry sebagai pilihan buah untuk menu makan harian. Satu cangkir buah berry mengandung 15 gram karbohidrat sehingga sangat baik untuk penderita diabetes. Agar lebih segar, kamu bisa menyimpan buah berry di dalam kulkas lalu mengonsumsinya dengan yogurt agar semakin nikmat.

Nah, ternyata mengendalikan gula darah tak harus dilakukan dengan cara yang menyiksa, bukan? Kamu juga bisa menjalaninya sembari mengonsumsi makanan yang nikmat. Semoga membantu dan selamat mencoba, ya!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.