pesawat terbang

Kenali Perusahaan-Perusahaan Pembuat Pesawat Terbang Ini, Yuk!

Pepatah lama mengatakan buku adalah jendela dunia. Namun, di era teknologi cepat seperti sekarang ini, informasi atau pengetahuan tidak hanya dapat kita peroleh melalui buku saja. Berseluncur di mesin pencari, belajar di museum, ataupun berkunjung ke taman hiburan keluarga di Jakarta dapat menjadi opsi bagi putra-putrimu untuk mendapatkan pengetahuan. Salah satu ilmu yang dapat Si Kecil terima adalah tentang pesawat terbang.

Pesawat terbang, secara garis besar, dapat dibagi dalam tiga kategori, pesawat terbang komersil, militer, dan ruang angkasa.  Nah, artikel kali ini akan fokus pada pesawat terbang komersil, ya! Simak lebih lanjut untuk mengetahuinya.

  • Terbentuk pada 1970, Airbus merupakan satu dari dua perusahaan kedirgantaraan terbesar di dunia. Airbus memiliki kantor pusat di Leiden, Belanda dan pabrik utama di Toulouse, Perancis. Perusahaan ini terkenal dengan pesawat-pesawat komersil berbadan besar yang mampu membawa 100 hingga 800 penumpang di tiap armadanya. Produk-produk terlaris Airbus adalah seri A320 dan A330. Sedangkan seri A380 adalah jenis pesawat komersil terbesar di dunia yang mampu mengangkut hingga 850 penumpang dan memiliki full double deck. Hingga Mei 2019, Airbus telah memproduksi 12.000 pesawat ke seluruh dunia.
  • Perusahaan ini adalah produsen pesawat terbang terbesar di seluruh dunia. Dibentuk pada 1916, Boeing berkedudukan di Illinois, meski dulu didirikan di Seattle. Seperti pesaing utamanya, Airbus, Boeing juga memproduksi pesawat-pesawat berbadan besar dengan kapasitas penumpang 100 hingga 500 orang. Jenis pesawat Boeing terlaris adalah seri 737, yang sudah terjual lebih dari 15.000 buah. Seri 747 adalah jenis pesawat pertama yang memiliki half double deck dan mampu menampung hingga 400 orang. Data akhir Januari 2019 mencatat pesawat Boeing telah dipesan lebih dari 25.000 buah.
  • Bombardier berdiri pada 1942 di Montreal dan dikenal sebagai produsen pesawat berbadan kecil. Uniknya, perusahaan ini diawali sebagai pencetak kendaraan khusus di salju. Baru pada 1986 Bombardier merambah ke dunia ruang angkasa dengan membuat pesawat jet. Bombardier khusus memproduksi pesawat regional dengan kapasitas 60 hingga 100 kursi. Jenis pesawat terlaris perusahaan ini adalah seri C350. Seri lain Bombardier yang dikenal banyak orang adalah CRJ700, CRJ1000, dan C600 selaku jet bisnis. Hingga saat ini, 1900 pesawat komersil Bombardier telah terjual. Selain kendaraan salju dan pesawat, Bombardier juga dikenal sebagai produsen kereta.
  • Embraer adalah perusahaan manufaktur pesawat komersil terbesar ketiga. Didirikan pada 1969 di Sao Paulo, Embraer adalah perusahaan milik pemerintah Brazil yang diciptakan untuk membangun industri penerbangan lokal. Perusahaan ini berfokus pada pesawat berbadan kecil dengan kapasitas 30 hingga 140 kursi. Embraer Phenom 300 adalah seri terlaris perusahaan ini, sekaligus menjadi jet pribadi terlaris di dunia. Hingga saat ini, Embraer telah menerima lebih dari 1.800 pesanan untuk pelbagai seri armada mereka.

Nah, itu dia top 4 produsen pesawat terbang komersil yang ada di dunia. Jangan lupa untuk membagikan pengetahuan ini kepada Si Kecil, ya! Semoga artikel ini bermanfaat.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.