Tanda – Tanda Kamu Kecanduan Kafein dalam Kopi

Dalam sehari Anda minum kopi berapa gelas, nih? Dua gelas atau sampai lima gelas? Hati-hati loh, terlalu berlebihan meminum kopi malah tidak bagus untuk kesehatan. Memang sih, kandungan kafein yang tersimpan dalam kopi dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh, akan tetapi jika terlalu banyak tentu dapat memperburuk kesehatan. Untuk itulah, Anda disarankan mengurangi konsumsi kopi, dan agar lebih sehat bisa mengonsumsi air hidrogen. Air ini dipercaya dapat membantu meningkatkan kesehatan sekaligus menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh.

kecanduan kopiNah, bicara mengenai kopi, ternyata terdapat beberapa tanda yang bisa diketahui bila Anda sudah kecanduan kafein dalam kopi. Tanda apa sajakah itu? Langsung disimak, yuk!

  1. Hari terasa hampa jika belum minum kopi. Minum kopi di waktu pagi hari memang sudah menjadi kebiasaan semua orang, entah itu pria maupun wanita. Namun, tanpa meminum kopi, apakah Anda pernah merasakan perasaan hampa padahal tidak terjadi sesuatu yang menimpa diri? Mungkin, Anda sudah kecanduan kafein yang tersimpan di dalam kopi. Dikutip dari klikdokter, kafein dalam kopi dapat meningkatkan semangat, untuk itulah jika tidak diminum dapat memunculkan perasaan hampa tersebut.
  2. Tidak minum kopi, membuat detak jantung terasa lebih cepat. Para peneliti dari University of Lowa Health Care yang dikutip melalui klikdokter menyatakan bahwa seseorang yang terlalu banyak mengonsumsi kafein dan tiba-tiba memberhentikannya, maka bisa mengalami palpitasi jantung. Di mana, akan merasa jantung tidak bekerja sebagaimana mestinya, misalnya jantung terasa lebih cepat daripada meminum kopi.
  3. Buang air besar menjadi terganggu. Menurut Dr.Paul Bertrand (dokter senior di RMIT University Australia) berhenti mengonsumsi kopi dapat mengganggu aktivitas buang air besar, namun seiring berjalannya waktu gangguan tersebut akan hilang dengan sendirinya. Ini terjadi karena kafein yang tersimpan di dalam kopi menimbulkan efek serius untuk usus.
  4. Sedih sepanjang waktu. “Tidak minum kopi membuat Anda sedih”, pernah mengalami kondisi seperti ini? Nah, kafein yang tersimpan di dalam kopi memang dapat memengaruhi kondisi perasaan seseorang, oleh karena itulah apabila berhenti meminumnya mungkin saja Anda akan dilanda rasa sedih.

Itulah beberapa tanda yang bisa dilihat apabila Anda sudah kecanduan kafein. Sedikit saran, sebenarnya Anda tidak pernah dilarang mengonsumsi kopi tersebut, tapi ingat dalam batas wajar agar tidak mengganggu kesehatan tubuh.

Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.