Belanja

Barang Palsu atau Asli, Ketahui dengan Melakukan Ini

Kota Batam memang sangat dikenal sebagai pusat perbelanjaan dimana kamu dapat menemukan berbagai macam barang, mulai dari fashion hingga elektronik dengan harga yang jauh lebih murah. Tidak heran lagi bila banyak yang rela melancong ke kota ini dan menginap di Hotel Waterfront Batam untuk berbelanja berbagai macam barang, baik untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan maupun untuk dijual kembali di kota asalnya.

Meskipun demikian, tidak dapat disangkal juga bahwa masih ada pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang menjual barang-barang palsu dengan embel-embel asli. Hal ini tentunya sangat merugikan karena kamu diharuskan membayar barang palsu tersebut seharga barang asli. Namun, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan demi terhindar dari penipuan macam ini. Berikut adalah kiat-kiatnya.

  1. Lihat jahitan

Tas, dompet, pakaian, atau jenis aksesoris lain yang bermerek biasanya dibuat dengan sangat hati-hati, bahkan sampai ke jahitan terkecil. Maka dari itu, perlu bagi kamu untuk memerhatikan detail dan kerapian jahitan di setiap sudutnya. Jika kamu menemukan jahitan yang berantakan, maka sudah dipastikan barang tersebut merupakan barang yang tidak asli.

  1. Melihat pola pada bahan kulit

Desainer biasanya membuat produk berbahan dasar kulit asli yang kualitasnya sangat tinggi. Ada berbagai cara yang dapat kamu lakukan untuk membedakan kulit asli dan juga palsu. Kamu dapat dengan mudah mengetahui barang asli dengan bahan kulit yang memiliki motif pori tidak beraturan, lembut dan juga beraroma khas.

  1. Perhatikan kualitas ritsleting

Barang-barang asli biasanya memiliki ritsleting yang sangat kuat dan juga terbuat dari logam yang bagus. Biasanya, ritsleting juga disertai dengan logo yang sama dengan merek barang tersebut, namun tidak jarang juga barang palsu yang terlihat sangat identik dengan aslinya dalam hal-hal detail seperti ini. Maka dari itu, cara yang dapat dilakukan adalah dengan menarik ritsleting berulang kali karena barang yang asli biasanya memiliki ritsleting yang tidak mudah tersangkut.

  1. Cek barcode atau nomor seri

Barang yang asli biasanya memiliki barcode dan nomor seri yang jika dilakukan scanning atau pengecekan akan terlihat otentitasnya karena langsung diarahkan ke situs resminya. Kamu juga dapat mengecek keaslian barang tersebut dengan memasukkan nomor seri di beberapa situs otentifikasi produk bermerek.

  1. Cermati harga

Cara terakhir yang paling mudah dan sangat efektif untuk membedakan barang asli dan juga palsu adalah dengan mengecek harga asli dari barang tersebut di internet dan membandingkannya dengan barang yang hendak dibeli. Biasanya, barang yang palsu akan dijual dengan harga yang tidak masuk akal alias sangat murah.

Nah, demikianlah beberapa tips-tips yang data diterapkan agar tidak tertipu dengan barang yang palsu saat sedang berbelanja. Semoga bermanfaat!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.