wina Austria

Tiga Gedung Bersejarah di Wina, Austria, yang Wajib Dikunjungi

Wina merupakan ibu kota federal Republik Austria dan menjadi salah satu dari 9 negara bagian Austria. Dikenal sebagai ‘kota musik di Barat’, Wina merupakan tempat kelahiran dari banyak musisi ternama mulai dari Schubert, Johann Strauss I, dan Brahms. Tak hanya itu, Mozart dan Beethoven juga tercatat mulai meniti karier mereka di Wina hingga menutup mata. Banyak gubahan-gubahan serta opera terkenal yang lahir di Wina, yang kemudian semakin menguatkan status Wina sebagai kota musik.

Tak hanya itu, Wina juga terkenal dengan sejarah dan arsitektur bangunannya yang khas. Jika Anda kebetulan berkesempatan untuk datang ke Wina, jangan lupa untuk mampir ke tiga gedung bersejarah berikut ini:

  1. Schönbrunn Palace. Schönbrunn Palace merupakan salah satu monumen istana yang paling penting di Austria karena arsitektur, budaya, dan sejarahnya yang sangat mencerminkan Austria. Terletak di Wina, bangunan ini telah menjadi objek wisata utama sejak tahun 1860-an. Pengunjung yang datang ke istana ini bisa menikmati megahnya arsitektur Schönbrunn Palace yang bergaya barok dan melihat taman serta kebun yang telah ada sejak 300 tahun yang lalu. Tak hanya itu, Schönbrunn Palace juga telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1996.
  2. St Stephen Cathedral. St Stephen Cathedral merupakan sebuah katedral yang berada di pusat kota Wina, Austria. Dibangun sejak tahun 1137 dan selesai tahun 1160, St Stephen Cathedral menjadi saksi banyak peristiwa penting di Austria. Katedral ini juga menjadi pusat keuskupan Wina dan berfungsi sebagai struktur keagamaan paling penting di Austria. Mengingat lokasinya terdapat di pusat kota, Anda yang tertarik untuk datang juga bisa mencapainya dengan mudah. Jika tidak ada acara atau misa kenegaraan, para turis bisa memasuki bangunan ini dan menikmati keindahan di bagian dalam katedral.
  3. Hofburg Palace. Gedung istana lain yang bisa Anda nikmati saat berada di Wina, Austria, adalah Hofburg Palace. Dulunya, istana Hofburg merupakan pusat kekuasaan Wangsa Habsburg dan menjadi istana musim dingin kekaisaran. Dilansir dari berbagai sumber, wilayah Hofburg sendiri terbagi menjadi beberapa bagian: tempat tinggal (Amalienburg dan Albertina), kapel kekaisaran (Hofkapelle atau Burgkapelle), perpustakaan kekaisaran (Hofbibliothek), ruang harta karun (Schatzkammer), Burgtheater, Sekolah Berkuda Spanyol (Hofreitschule), dan kandang kuda kekaisaran (Stallburg dan Hofstallungen). Saat ini, Hofburg Palace menjadi tempat kediaman resmi bagi Presiden Austria.

Tak hanya bersejarah, ketiga bangunan di atas juga memiliki arsitektur menawan yang pastinya akan memanjakan mata para turis. Jika Anda kebetulan datang ke Wina, jangan lewatkan kunjungan ke tiga gedung tersebut, ya. Selamat berkunjung!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.