asset

Ini Dia Cara Menghitung Jumlah Asetmu

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, aset adalah sesuatu yang mempunyai nilai tukar; modal; kekayaan. Sementara itu, situs Investopedia mendefinisikan aset sebagai “sesuatu yang bisa diuangkan”. Dengan demikian, dapat disimpulkan jika aset adalah harta kepemilikan yang memiliki nilai ekonomi dan/atau manfaat masa depan bagi pemiliknya.

Apa saja yang dikategorikan sebagai aset?

Menurut situs Investopedia, hal-hal yang dapat dikelompokkan sebagai aset adalah benda-benda yang dapat menghasilkan uang. Sehingga, hal-hal yang dapat dikategorikan sebagai aset pribadi bisa berupa rumah, mobil, investasi, karya seni, sampai barang rumah tangga. Sedangkan benda yang dapat disebut sebagai aset perusahaan adalah barang atau harta yang tercatat dalam neraca keuangan perusahaan di luar kewajiban dan utang.

Cara menghitung jumlah aset

Situs The Balance menuliskan jika menghitung aset merupakan salah satu cara untuk mengetahui jumlah kekayaan bersih yang dimiliki seseorang atau sebuah perusahaan. Lantas, bagaimana cara mudah menghitung jumlah aset? Simak caranya di bawah ini, ya!

  1. Mulai dengan membuat daftar aset terbesar. Tahap pertama untuk menghitung aset ialah dengan mendata aset-aset dengan nilai terbesar yang dimiliki. Dalam lingkup personal, aset terbesar dapat berupa rumah, properti real estat, pun kendaraan seperti mobil, motor, atau malah kapal. Sedangkan dalam lingkup bisnis, aset terbesar dapat berupa nilai perusahaan, yang mana tolok ukurnya lebih kompleks daripada aset personal. Salah satu cara mengukurnya ialah dengan melihat value perusahaan di pasar modal.
  2. Mendata aset likuid yang dimiliki. Tahap selanjutnya untuk menghitung jumlah aset ialah dengan mencatat aset likuid yang dimiliki. Aset likuid dapat berupa giro, tabungan, uang tunai, atau dana investasi lain—entah akun di pasar modal atau juga uang pensiunan.
  3. Mencatat aset lain yang sekiranya memiliki nilai. Tahap lanjutnya ialah mendata barang-barang yang sekiranya dapat ditukarkan dengan uang tunai. Contohnya dapat berupa perhiasan, benda-benda koleksian, alat musik, pun benda-benda langka.
  4. Tahap terakhir ialah mengkalkulasikan semua aset yang telah di data dalam tiga poin berikut. Angka hasil perhitungan itulah jumlah aset asli yang kamu miliki.

Bagaimana? Sekarang sudah tahu, kan, seberapa banyak harta berharga milikmu? Semoga bermanfaat, ya!

Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.