Tips Mengukus Kue dengan Benar

Memanggang dengan oven bukanlah satu-satunya cara untuk mematangkan kue secara sempurna. Beberapa kue, terutama kue tradisional, dimatangkan dengan cara dikukus. Tekstur kue yang dikukus tentu berbeda dengan kue yang dipanggang. Biasanya, kue yang dikukus memiliki tekstur lembut, empuk, dan tidak terlalu padat. Tertarik untuk membuat kue dengan cara dikukus? Langsung saja mampir ke toko bahan kue dan beli bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya!

kukus kueNah, agar kue bisa matang ketika dikukus, begini tips mengukus kue yang benar:

  1. Isi panci dengan jumlah air yang cukup. Agar kue yang dikukus bisa matang dengan sempurna, tentu air yang ada di panci pengukus pun harus mencukupi. Untuk itu, jangan mengukus kue dengan jumlah air yang terbatas atau bahkan kurang. Jika Anda tidak yakin dengan jumlah air yang dibutuhkan, mengisinya dalam jumlah banyak akan sangat membantu. Dengan demikian, kue bisa matang sempurna tanpa takut harus kehabisan air. Akan tetapi, pastikan agar cipratan air tidak mengenai adonan kue, ya.
  2. Lapisi tutup panci dengan kain bersih. Step berikutnya yang tak boleh terlewat adalah melapisi tutup panci dengan kain bersih. Hal ini penting untuk mengurangi risiko kue gagal ketika dikukus. Pasalnya, uap air yang melekat di tutup panci berisiko untuk jatuh ke adonan kue yang sedang dikukus. Alhasil, tekstur kue pun menjadi kurang bagus dan adonan menjadi bantet serta tidak mengembang. Untuk itu, Anda membutuhkan kain tebal untuk melapisi tutup pancinya.
  3. Panaskan panci kukusan sebelum diisi kue. Sebelum memasukkan kue ke dalam panci kukus, ada baiknya Anda memanaskan panci kukus yang sudah diisi air terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan untuk memanaskan air yang ada di dalam panci kukusan dan mengumpulkan uap air yang dibutuhkan untuk membuat kue menjadi matang sempurna. Jika hasil kue yang dikukus bantet, bisa jadi panci kukus masih belum panas dan Anda sudah memasukkannya ke dalam panci. Jadi, pastikan panci kukus sudah panas saat Anda hendak memasukkan kue, ya.
  4. Kukus dengan api kecil. Sebagian besar Anda mungkin berpikir bahwa api besar akan membuat kue lebih cepat matang. Padahal, pemikiran seperti ini salah besar, lho. Mengukus kue dengan api besar malah bisa meningkatkan risiko gagal yang lebih tinggi. Dikhawatirkan tingkat kematangan kue menjadi tidak merata karena aliran panasnya tidak stabil. Gunakanlah api kecil untuk mematangkan kue agar hasilnya lebih maksimal.

Itu dia beberapa tips mengukus kue yang bisa Anda coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.