mobil

Trik Mengamankan Mobil Saat Cuaca Panas Terik

Merawat mobil tak hanya seputar memilih oli terbaik atau mencucinya secara berkala. Memerhatikan kondisi mobil saat cuaca panas terik seperti sekarang juga perlu dilakukan. Sebab di cuaca seperti sekarang, mobil bisa terkena dampaknya. Dalam paparan 35 derajat celcius, bagian eksterior dan interior mobil bisa rusak, entah karena lapisan karet yang mudai getas, karet wiper yang tak elastis, hingga warna cat yang kusam.

Lantas apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mengamankan mobil saat cuaca terik? Beberapa trik ini bisa dicoba:

  1. Selalu tinggalkan wiper dalam kondisi berdiri. Jika Anda memarkir mobil di luar ruangan atau bahkan di basement, biasakan untuk meninggalkan wiper dalam kondisi berdiri. Mengapa hal ini penting? Sebab dalam kondisi panas, karet wiper bisa menempel pada kaca. Alhasil, karet wiper menjadi mengeras dan mudah getas. Jadi, biasakan untuk menegakkan wiper saat parkir ya.
  2. Gunakan kaca film. Pilihlah kaca film yang mampu mengurangi efek sinar ultraviolet ke kabin. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi interior mobil dari ganasnya cahaya matahari. Memang, ketika cuaca sedang terik-teriknya, udara di dalam mobil bisa lebih panas dibanding cuaca di luar. Hanya saja, menggunakan kaca film yang bagus bisa sedikit mengurangi dampaknya.
  3. Rutin melakukan poles bodi. Hal lain yang bisa dilakukan untuk mengamankan mobil saat cuaca panas terik adalah rutin melakukan poles bodi. Dengan demikian, cat mobil memiliki lapisan pelindung yang bisa membuatnya awet dan anti kusam.
  4. Turunkan jendela kendaraan. Jika situasi parkir dianggap aman, Anda bisa menurunkan sedikit kaca kendaraan agar sirkulasi udara di dalam kabin mobil terjaga. Alhasil, udara di dalamnya tidak terlalu pengap dan panasnya matahari tidak terlalu merusak interior mobil.
  5. Jangan menyimpan barang mudah meledak. Beberapa benda bisa menyebabkan ledakan di dalam kabin pada kondisi panas. Misalnya, korek gas, botol parfum, power bank, dan lain sebagainya. Jika Anda akan meninggalkan mobil dalam waktu lama, baiknya periksa kabin mobil dan keluarkan barang-barang tersebut, ya.

Itu dia beberapa trik yang bisa dicoba untuk mengamankan mobil saat cuaca panas terik. Semoga membantu, ya.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.