Selalu Menjaga Mutu, Inilah Proses Dasar Produksi AQUA

Selalu Menjaga Mutu, Inilah Proses Dasar Produksi AQUA

Apa yang membuat sebuah brand dapat terus diingat? Banyak faktor yang bisa menyebabkan hal tersebut. Bisa karena target pasarnya tepat, produk yang unik dan berbeda, hingga ada juga sebuah brand yang sudah ada sejak lama, namun tetap menawarkan produk yang sama hanya saja terus meningkatkan mutu serta kualitasnya. Mulai dari produsen kendaraan, elektronik, hingga produsen kebutuhan harian seperti air minum.

Air minum yang baik itu pada dasarnya tidak memiliki bau, tidak memiliki warna atau keruh, tidak memiliki rasa, memenuhi persyaratan kimia, dan juga bebas dari bakteri. Bila hal itu terdapat di air minum, hal tersebut mengindikasikan bahwa air minum tersebut bisa saja sudah tercampur mikroba, terpapar bahan kimia, atau banyak hal sebagainya[1].

Terlebih, air sangatlah dibutuhkan oleh tubuh karena mayoritas tubuh memerlukan air. Saat kekurangan air, organ-organ dalam tubuh tidak akan bekerja maksimal bahkan tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Sebut saja yang terparah dapat menyebabkan gangguan ginjal, kerusakan fungsi hati, hingga bisa juga membuat pengikisan tulang. Karena pada dasarnya, tulang memerlukan kalsium untuk dapat terawat yang bisa didapatkan dari susu, dengan berita baiknya bahwa air mineral ternyata sama dengan susu. Sehingga, mineral-mineral yang dibutuhkan oleh tubuh khususnya tulang mendapat asupan yang memang dibutuhkan[2].

Air Minum Dalam Kemasan, AQUA

Maka dari itu, air mineral sendiri tidak dapat terlepas dari AQUA. Dimana AQUA telah mengalirkan kebaikan dalam setiap tetesnya pada Anda. Dan sejak 1982, AQUA menggunakan mata air pegunungan yang mengalir sendiri karena dianggap mengandung komposisi mineral alami yang kaya nutrisi seperti kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan sodium[3].

Dan hingga saat ini, AQUA memiliki 17 mata air pegunungan terbaik yang terbentang dari Sabang hingga Merauke dengan terlebih dahulu melewati 9 kriteria serta 5 tahapan seleksi yang melibatkan para ahli geologi & geohidrologi selama minimal satu tahun sebelum memilih suatu mata air dengan karakteristiknya. Hal tersebut dilakukan untuk menjamin sumber mata air yang digunakan AQUA adalah bermutu[4].

Setelah menemukan sumber mata air yang sesuai, AQUA melakukan proses selanjutnya mengambil air dari sumber mata air pilihan tersebut menggunakan pipa yang ditancapkan ke tanah yang disalurkan ke tangki-tangki penyulingan yang ada di area Pre Water Treatment untuk disaring dan dimurnikan menggunakan tiga tangki yang merupakan Tangki Green Sand 2 dan Tangki Bioxite.

Proses selanjutnya setelah dimurnikan yaitu air dari area Pre Water Treatment tersebut dialirkan keruangan yang sangat sterilĀ  dari apapun dan siapapun yaitu area Water Treatment. Setelah selesai di area Water Treatment, air tersebut dialirkan menuju area pengemasan yang mana akan dibagi untuk masing-masing ukuran kemasan yang dilakukan sepenuhnya tanpa campur tangan manusia.

Karena di area ini, manusia hanya bertindak untuk melakukan penyortiran, kesalahan tutup kemasan, kesalahan pemasangan stiker, dan juga pengemasan ke dalam kardus-kardus untuk kemasan botol dan gelas yang mana setelah semua proses tersebut selesai, AQUA yang sudah siap didistribusikan tersebut diedarkan dengan truk-truk pengangkut dari Sabang hingga Merauke agar sampai di tangan Anda dengan baik[5].

Tak lupa, AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber mata air. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi kealamian mineral dan keberlangsungan sumber air. Dengan terjaganya keseimbangan ekosistem di sekitar sumber air, kekayaan dan kealamian mineral juga terlindungi. Sehingga, AQUA menghasilkan air mineral berkualitas yang terlindungi, untuk melindungi masyarakat Indonesia.

Dengan semua proses tersebut, AQUA terus memastikan kualitas serta mutu setiap tetesnya sebelum sampai di tangan Anda.

Referensi :

  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3624957/3-kriteria-air-minum-yang-sehat
  • https://www.halodoc.com/10-jenis-mineral-dan-manfaatnya-bagi-tubuh
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Aqua_(air_mineral)
  • https://aqua.co.id/pengelolaan-sumber-daya-air-aqua
  • https://www.harianhaluan.com/news/detail/80269/pernah-minum-aqua-begini-ternyata-prosesnya-hingga-ke-tangan-pelanggan

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.