komponen mobil

Penting, Komponen Kendaraan Ini Harus Diganti Secara Rutin!

Memiliki kendaraan tidaklah sekedar tentang mengendarai dan membersihkannya saja. Namun perawatan seperti ganti oli mesin juga harus rutin dilakukan agar kondisinya tetap dan selalu dalam keadaan baik dan prima. Mengganti suku cadang memang adalah satu hal yang harus dilakukan agar kita sebagai pengendara selalu dalam kondisi aman dan nyaman saat mengendarai kendaraan kita yang kondisinya juga selalu dalam keadaan baik. Namun untuk beberapa orang yang baru saja memiliki kendaraan, pastinya merasa bingung perawatan seperti apa saja yang harus dilakukan untuk kendaraannya. Maka dari itu, simak artikel ini untuk mengetahui suku cadang apa saja yang harus diperhatikan dan rutin diganti selain oli mesin.

  1. Aki

Aki adalah satu komponen yang membantu kendaraan Anda untuk mengoperasikan sistem ke aliran kendaraan. Jika Anda melihat lampu depan kendaraan Anda mulai redup, Anda sudah lama tidak mengganti aki kendaraan Anda, atau Anda harus mendorong terlebih dahulu kendaraan Anda saat akan dinyalakan, mungkin saatnya Anda mengganti aki Anda. Anda bisa membawa kendaraan Anda ke bengkel untuk mengganti aki, atau penggantian aki dapat dilakukan sendiri di rumah.

  1. Busi

Komponen yang satu ini memang wajib untuk diganti secara berkala untuk kendaraan bermotor. Jika Anda telat atau malas mengganti komponen yang satu ini, bisa jadi akan sangat merugikan hingga fatal yang dapat menyebabkan kerusakan berantai pada komponen kelistrikan. Suku cadang yang dinamai busi ini memang kecil namun jika bermasalah akan sangat menyusahkan. Busi ini berfungsi untuk memantik api agar pembakaran mesin bekerja.

  1. Kanvas rem

Bagian rem tidak boleh disepelekan karena jika terjadi masalah pada komponen yang satu ini, hal-hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi selama perjalanan. Bagian yang satu ini harus dicek secara rutin karena bisa menipis seiring berjalannya waktu. Penggantian kanvas rem ini biasanya dilakukan setiap 20.000 Km.

  1. Ban

Komponen yang satu ini adalah salah satu komponen yang lumayan sering diperhatikan oleh pemilik kendaraan. Seringnya frekuensi kendaraan Anda melewati jalanan yang hancur dan tidak rata dapat membuat ban menjadi gundul sehingga berkurangnya kemampuan untuk mencengkeram permukaan jalanan dan telat berhentinya kendaraan karena licin. Maka dari itu, perhatikan kondisi ban Anda kika sudah melewati kurang lebih 40.000 Km dan tekanan angina di dalamnya setiap Anda hendak menggunakan kendaraan.

 

Itu dia beberapa komponen yang perlu Anda perhatikan demi kondisi kendaraan yang baik dan kenyamanan pengendaranya juga. Semoga bermanfaat!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.