mesin mobil

Tips Merawat Mobil Bekas: agar Tidak Boros

Memperoleh cicilan mobil bekas murah adalah impian banyak orang. Terang saja, sebab hal ini akan menambah keuntungan Anda secara finansial. Di samping hanya perlu mengeluarkan dana keseluruhan yang tidak begitu besar, nilai angsuran yang terjangkau juga bisa membuat besaran pengeluaran bulanan Anda terkontrol.

Membeli mobil bekas memang menguntungkan di awal. Namun, jika tidak dirawat dengan baik, bisa-bisa kendaraan tersebut malah mencekik keuangan Anda. Oleh sebab itu, berikut adalah beberapa tips dalam merawat mobil bekas agar ia tidak membuat Anda boros.

  1. Ikuti rekomendasi dari pabrikan. Setiap model kendaraan memiliki ritme perawatan yang berbeda-beda. Meski begitu, hal-hal yang direkomendasikan oleh pabrik kendaraan umumnya sama. Contohnya adalah mengganti oli dan filternya secara rutin, busi, cairan pendingin, menjaga agar semua cairan dalam komponen-komponen mobil terisi cukup, mengecek oli rem, tekanan pada setiap ban, sampai merotasi ban. Waktu yang direkomendasikan untuk setiap perawatan ini biasanya sudah disebutkan oleh pabrik kendaraan pada buku panduan. Jadi, ikutilah saran dari pabrikan, ya.
  2. Lakukan sendiri hal-hal yang mudah dilakukan. Bila ingin menghemat, Anda bisa melakukan sendiri beberapa perawatan mobil bekas yang mudah. Perawatan yang dimaksud berupa mengganti karet pembersih kaca, membersihkan bagian dalam kendaraan menggunakan pembersih vacuum, mengecek tekanan ban, memeriksa lampu dan sistem kelistrikan, juga mengganti cairan mesin seperti oli dan cairan pendingin dalam radiator. Anda juga bisa mencoba menerapkan trik mencuci eksterior mobil secara menyeluruh Ala Car Wash agar tampilan mobil selalu terlihat menarik tetapi tetap dengan biaya yang hemat.
  3. Ganti filter udara interior kendaraan untuk kenyamanan lebih. Mengutip laman Axle Addict, tidak banyak orang tahu jika kabin kendaraan (interior) memiliki saringan udara. Oleh kerena ketidaktahuan ini, filter udara tidak diganti, dan akhirnya menjadi kotor, serta mengeluarkan udara yang tidak bersih pula. Maka, setelah mengetahui hal ini, periksalah filter udara kabin mobil bekas Anda. Apakah masih bersih atau tidak? Jika tidak, segeralah menggantinya dengan filter udara seperti pada mobil-mobil keluaran terbaru. Dengan melakukan ini, sirkulasi udara dalam kabin mobil Anda akan lebih nyaman dan bersih.
  4. Gunakan bahan bakar beroktan tinggi setidaknya setahun sekali. Bahan bakar beroktan tinggi berguna untuk membersihkan kotoran dari piston dan catalytic converter, yang mana merupakan dua komponen yang paling mahal untuk diperbaiki dan diganti. Oleh sebab itu, isilah tangki bahan bakar dengan bahan bakar beroktan tinggi setidaknya satu kali dalam setahun agar komponen-komponen tersebut bebas dari penumpukan kotoran. Manfaat jangka panjangnya, mesin mobil akan senantiasa bersih dan performa mobil juga menjadi efisien.

Itulah dia beberapa kiat merawat mobil bekas yang baru Anda beli agar pengeluaran Anda tidak membengkak. Semoga tips di atas berguna, ya.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.