Peralatan Kamar Mandi yang Eco-Friendly untuk Selamatkan Lingkungan

sikat gigi kayuBerbagai macam kegiatan yang kita lakukan juga memiliki dampak bagi lingkungan. Masalahnya, ada banyak kegiatan yang menghasilkan dampak negatif pada lingkungan. Seperti penggunaan plastik, misalnya. Karena itu, kamu harus mulai mengurangi penggunaan plastik, termasuk pada perabotan kamar mandi. Coba lihat, ada berapa aksesoris kamar mandi berbahan plastik yang kamu miliki? Pasti setidaknya lebih dari satu. Jika kamu ingin mengurangi penggunaan plastik, berikut ini ada beberapa peralatan dan aksesoris kamar mandi yang bisa kamu ganti:

  • Sikat gigi

Sikat gigi yang umum dijual di pasaran kebanyakan terbuat dari plastik. Padahal, sikat gigi sebaiknya diganti dalam waktu tiga bulan pemakaian. Jika setiap tiga bulan kamu mengganti sikat gigi, berapa banyak sikat gigi yang sudah kamu buang sekarang? Masalahnya, beberapa sampah sikat gigi ini tidak dapat terurai atau diolah dengan baik sehingga berakhir di laut dan mengganggu ekosistem laut. Untungnya sekarang sudah ada beberapa toko organik yang menyediakan sikat gigi berbahan dasar kayu dan bambu yang lebih mudah terurai.

  • Handuk

Ya, bahkan handuk yang biasanya kamu pakai pun sebenarnya masih bisa diganti dengan handuk yang ramah lingkungan. Seperti handuk yang berbahan dasar katun organik, misalnya. Bahan ini lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan handuk katun yang biasa kamu pakai. Sebab, katun organik bebas dari pestisida, sehingga lebih baik untuk lingkungan.

  • Tirai shower

Supaya tidak mudah basah, tirai shower umunya berbahan dasar plastik. Nah, daripada menggunakan tirai shower biasa, kamu bisa mencari tirai shower yang terbuat dari bahan plastik yang bisa di daur ulang hingga 100%, bebas klorin dan PVC.

  • Tempat sampah

Jika sebelumnya tempat sampah yang ada di kamar mandimu terbuat dari bahan dasar plastik, kamu bisa menggantinya dengan tempat sampah yang terbuat dari anyaman daun pisang. Kamu bisa menemukannya di beberapa toko tertentu yang menyediakan barang-barang ramah lingkungan.

  • Keset dari kayu

Bahkan, kamu pun bisa mengganti keset kamar mandi dengan keset yang terbuat dari kayu. Meskipun bentuknya unik, keset ini cukup optimal untuk mengeringkan kaki yang basah. Keset ini juga memberikan kesan stylish dan natural pada kamar mandimu.

Itu dia beberapa perlengkapan dan aksesoris di kamar mandi yang bisa kamu ganti. Jika kesulitan untuk menemukan aksesoris kamar mandi ramah lingkungan di atas di toko, kamu bisa mencarinya secara online. Semoga membantu! (Rima)

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.