Tips Penting Berkendara Saat Mudik

Perjalanan mudik tidak hanya dilakukan ketika musim Lebaran saja. Pada bulan Desember mendekati natal dan tahun baru, banyak warga Jakarta yang melakukan perjalanan mudik. Asuransi perjalanan domestik menjadi hal yang penting untuk digunakan untuk mengantisipasi segala hal yang mungkin terjadi ketika anda melakukan perjalanan mudik. Berikut adalah beberapa tips lain selama anda berkendara saat mudik

  • perjalanan mudikHindari handphone

Tidak hanya saat mudik, dimana dan kapan pun anda menggunakan kendaraan hindari penggunaan smartphone. Aktifkan mode diam agar fokus anda tidak pecah dan terbagi antara smartphone dan jalanan juga kendaraan lain disekitar anda. Bila anda membutuhkan map, biarkan lah penumpang yang duduk di samping anda yang akan membantu anda memberikan arahan. Apabila anda harus menggunakan smartphone saat itu juga, menepilah baru gunakan smartphone anda ketika mobil atau kendaraan anda berhenti di tempat yang aman.

  • Istirahat yang cukup

Sebelum anda berangkat, ada baiknya jika anda beristirahat dengan cukup. Jika anda tidak memiliki satu hari sebelum keberangkatan, pastikan untuk tidur minimal 6 jam sebelum anda berangkat. Cek juga kondisi tubuh anda apakah anda memiliki energi yang cukup atau kesehatan yang memadai untuk mengendarai kendaraan. Hal ini juga untuk mencegah kecelakaan dan menghindari penyakit berkembang lebih parah.

  • Ikuti aturan

Dimana pun anda berada selalu ikuti aturan yang berlaku, termasuk ke dalam aturan berkendara. Perhatikan rambu – rambu di sepanjang jalan dan hindari berkendara dengan cara yang dapat melanggar rambu – rambu atau aturan aturan yang berlaku.

  • Periksa kondisi kendaraan

Selain kesehatan anda, anda juga perlu memeriksa kondisi kendaraan. Hal – hal yang paling penting yang harus anda perhatikan adalah kondisi oli rem, gigi mobil jika anda menggunakan mobil manual, isi bensin yang cukup, kondisi mesin utama, apakah air aki cukup, bahkan hingga detail terkecil seperti pintu, kunci dan jendela, apakah mereka bekerja dengan baik. Karena hal – hal tersebut bisa menjadi faktor keselamatan yang penting di saat yang tidak terduga.

  • Bawa barang secukupnya

Anda tidak sedang berpindah rumah, bawalah barang secukupnya seperti baju ganti dan lainnya. Termasuk ke dalamnya adalah perbekalan seperti makanan, minuman dan obat yang sudah disesuaikan dengan lama anda pergi dan lama perjalanan anda. Begitu juga dengan uang cash. Perjalanan mudik menjadi waktu – waktu dimana banyak hal tidak terduga terjadi, karena itu ada baiknya jika anda membekali diri secara cukup dan tidak berlebihan,

Pembawaan barang yang berlebihan akan mempengaruhi kondisi mobil pula. Jika mobil overweight, maka dapat memperlambat perjalanan dan berbahaya jika dibawa melewati jalan penuh tanjakan dan turunan.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.