Bagaimana Mendidik Anak Agar Tidak Malas Belajar?

Anak merasa malas belajar adalah hal yang wajar. Bahkan bisa dibilang, setiap orang pasti pernah merasakan malas belajar. Namun, jika rasa malas ini sampai mengganggu perkembangan dan potensi anak, Anda harus mulai menanganinya. Tak perlu panik, ada beberapa tips yang bisa dilakukan Anda sebagai orangtua. Mulai dari menanyakan apa cita-cita anak agar ia semangat untuk menggapainya, hingga mengajaknya bermain sambil belajar ke Edutainment Park in Jakarta. Ingin tahu tipsnya lebih lanjut? Coba simak di bawah ini!

  • Bantu ia menemukan minat

Untuk membuat anak jadi lebih semangat belajar, Anda tak harus langsung memaksanya membaca materi pelajaran di sekolah. Anda bisa mulai membangkitkan semangatnya dengan menanyakan apa hal yang ia sukai. Kenali minat anak lebih dalam; apakah itu bernyanyi, menggambar, atau membaca novel. Lalu Anda juga bisa menanyakan pelajaran apa yang ia suka.

  • Ciptakan suasana belajar yang nyaman

Setelah mengetahui hal yang ia suka, cobalah ajak anak untuk memulai dengan mempelajari mata pelajaran kesukaannya. Namun, sebisa mungkin ciptakan suasana belajar yang nyaman. Berilah keleluasaan pada anak. Jika ia lebih senang belajar sendiri di kamar, maka biarkanlah. Atau jika ia lebih semangat jika belajar sambil ditemani orangtua, maka luangkanlah waktu untuk menemaninya belajar.

  • Ketahui cara belajar yang paling sesuai untuk anak

Cara belajar setiap anak itu berbeda. Setiap anak pun memiliki kelemahan dan kekuatannya sendiri-sendiri. Untuk itu, jangan memaksakan cara belajar yang sama pada setiap anak. Cari tahu bagaimana cara belajar yang paling efektif untuknya. Apakah anak lebih bisa menyerap pelajaran dengan cara menulis ulang kalimat yang telah ia baca, membaca buku pelajaran dengan suara yang lantang, atau lain-lain.

  • Jadi contoh yang baik untuk anak

Jika Anda tidak ingin anak malas belajar, maka Anda pun harus memberikannya contoh yang baik. Coba berikan ia contoh tentang bagaimana Anda memiliki mimpi yang besar, disiplin terhadap waktu, dan pantang menyerah. Dengan melihat perilaku positif dari orangtuanya anak-anak pasti juga akan termotivasi untuk lebih rajin belajar.

Semoga bermanfaat! (Rima)

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.