antioksidan untuk kulit

Antioksidan dan Manfaatnya untuk Kulit

Pernahkah Anda mendengar istilah antioksidan? Selaku molekul yang dapat memperlambat atau menggagalkan proses oksidasi molekul lain, antioksidan memiliki banyak manfaat untuk kulit. Salah satunya adalah sebagai metode perawatan mengencangkan kulit wajah. Bagaimana cara antioksidan mengencangkan kulit wajah? Simak penjelasannya berikut!

Antioksidan dapat ditemui pada makanan sehari-hari seperti buah dan sayur dengan kandungan vitamin C, vitamin E, dan karotenoid. Dilansir dari Hello Sehat, kandungan vitamin C inilah yang dapat membuat kulit wajah mengencang. Pasalnya, vitamin C dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, yang mana berfungsi sebagai penjaga elastisitas kulit. Semakin banyak kadar kolagen pada kulit, maka semakin kencang pula kulit wajah.

Manfaat kedua dari antioksidan untuk kulit adalah sebagai penetral radikal bebas. Situs Alodokter menyatakan bahwa radikal bebas adalah sebutan untuk sel-sel rusak yang dapat menyebabkan kondisi negatif tertentu. Sebetulnya radikal bebas adalah bagian dari proses alami tubuh. Namun, molekul ini juga dapat berasal dari polusi udara, asap rokok, minuman keras, radiasi x-ray, sampai sebagian produk industri. Nah, antioksidan dalam vitamin C dan vitamin E inilah yang akan mendorong pertumbuhan sel kulit baru. Dengan demikian, kadar radikal bebas dalam kulit dapat dinetralisir.

Manfaat ketiga dari antioksidan bagi kulit adalah sebagai anti-inflamasi atau anti-radang. Inflamasi pada kulit wajah biasanya berupa iritasi, jerawat, atau komedo. Antioksidan dalam kandungan karotenoid (vitamin A) inilah yang memiliki peran sebagai anti-inflamasi. Vitamin A yang dikonsumsi akan terserap ke dalam pori-pori lalu menghilangkan sumbatan keratin yang merupakan salah satu penyebab utama radang pada kulit wajah.

Manfaat keempat antioksidan untuk kulit wajah ialah mengurangi bintik hitam. Sebagai informasi, bintik hitam pada wajah berasal dari durasi tinggi kulit yang terlalu sering terpapar sinar matahari tanpa perlindungan tabir surya. Semakin lama kulit terkena sinar ultraviolet, semakin cepat pula kadar melanin pada kulit diproduksi. Nah, antioksidan dalam vitamin C-lah yang akan mengurangi pigmentasi melanin pada kulit. Sehingga, bintik hitam dapat berkurang.

Itulah dia 4 manfaat baik antioksidan untuk kulit wajah. Rajinlah mengonsumsi sayur dan buah dengan vitamin C, E, dan A, terutama untuk Anda yang sering terkontaminasi dengan sinar matahari. Semoga bermanfaat!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.