air es

Bolehkah Minum Dingin saat Sedang Radang Tenggorokan?

Minum air dingin apalagi yang ditambah  es saat cuaca panas pasti sangat menyegarkan. Bahkan bisa jadi kamu selalu menambahkan es batu setiap kali minum supaya terasa lebih segar dan nikmat. Namun, banyak orang yang menganggap bahwa air dingin tidak baik untuk kesehatan. Apalagi jika kamu belum lama memanfaatkan asuransi kesehatan murah untuk berobat karena sedang radang tenggorokan. Pasti banyak yang menyarankan untuk menghentikan sementara kebiasaanmu minum air dingin.

Namun sebenarnya, benarkah air dingin dapat berdampak buruk pada radang tenggorokan yang sedang kamu derita? Berikut ini pembahasannya!

Melansir dari situs klikdokter, pada dasarnya air dingin yang dikonsumsi tidak akan menyebabkan terjadinya radang tenggorokan. Sebab, radang tenggorokan biasanya diakibatkan adanya infeksi virus maupun bakteri, polutan, dan alergi. Meskipun begitu, terkadang mengonsumsi air dingin memang bisa semakin memperparah penyakit tersebut.

Penyebabnya karena air dingin yang dikonsumsi sering membuat batukmu terpancing. Padahal semakin sering kamu batuk maka peradangan yang ada pada tenggorokan akan semakin parah. Jadi bisa dikatakan bahwa air dingin secara tidak langsung berpotensi memperparah peradangan tenggorokan yang sedang dialami.

Meskipun begitu, dampak mengonsumsi air dingin ternyata tidak selalu buruk. Sebab, air dingin dapat meredam rasa nyeri yang dirasakan di area tenggorokan. Jadi, kamu akan bisa minum lebih nyaman dan nikmat saat tenggorokan sedang sakit dan sulit menelan. Hal ini sangat penting karena bisa membantumu memenuhi cairan tubuh selama sakit.

Namun disarankan, hindari mengonsumsi air dingin yang diberikan pemanis maupun perasa, seperti the manis atau sirup. Sebab, kedua hal inilah yang justru tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan setiap harinya. Bahkan bisa menimbulkan masalah baru seperti obesitas atau diabetes. Sebaiknya, hanya konsumsi air putih dingin saja untuk mendapatkan manfaaat penghilang nyeri tersebut. Selain itu, hindari mengonsumsi air dingin jikaa kamu meraasa batuk semakin sering setelah melakukannya.

Jangan lupa juga, untuk segera memeriksakan diri ke dokter agar bisa mendapatkan obat yang tepat dan sesuai sehingga penyakitmu tersebut bisaa segera sembuh. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.