Hambatan yang Terjadi Ketika Perusahaan Besar Tidak Menggunakan SAP

Untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan besar, dibutuhkan suatu sistem yang tepat seperti SAP. Apa itu SAP? SAP merupakan sebuah tools IT dan manajemen untuk membantu perusahaan merencanakan dan melakukan kegiatan operasional. Sekarang sudah ada beberapa Distributor SAP Indonesia yang bisa Anda percaya untuk membantu mengimplementasikan sistem ini pada perusahaan.

Software SAP terdiri dari beberapa modul aplikasi yang dapat menunjang semua transaksi perusahaan dengan aplikasi yang terintegrasi. Modul-modul SAP ini dapat membantu kelancaran berbagai bidang usaha seperti:

  • Sales and distribution
  • Materials management
  • Production planning
  • Financial Accounting
  • Controlling

Saat user menginput data ke dalam sistem SAP, maka secara otomatis data pada modul-modul tersebut akan terupdate secara otomatis. Dengan demikian, bisa dikatakan SAP dapat mengintegrasikan seluruh proses bisnis secara realtime.

Meski demikian, tidak sedikit perusahaan yang masih menggunakan sistem manual atau decentralized system. Pada sistem ini, data masih diproses secara lokal pada masing-masing departemen. Setiap departemen tidak memiliki akses ke data departemen lainnya.

Jika perusahaan masih menerapkan sistem seperti ini, tentu kurang praktis dan juga menghabiskan waktu yang cukup lama. Dengan demikian, maka kemungkinan akan ada banyak kekurangan dan masalah yang mengganggu produktivitas kerja.

Bukan hanya itu, sistem yang kurang efisien dapat mempersulit perusahaan untuk berkembang dan bersaing dalam dunia bisnis.  Karena itu, penting bagi Anda yang bekerja atau mengelola perusahaan besar perlu mengetahui seperti apa pentingnya menerapkan SAP.

Ini dia hambatan yang akan terjadi jika sebuah perusahaan, terutama perusahaan besar, tidak memiliki software SAP (source: aplikasibisnis.net):

  • Waktu akan terbuang untuk menyusun laporan kepada manajemen
  • Accounting management akan lebih rumit
  • Top manajemen tidak dapat mengetahui kesehatan perusahaannya secara tepat
  • Perlu mengadakan rapat koordinasi secara sering sehingga menghabiskan waktu kerja
  • Meningkatkan risiko terjadinya perbedaan data antar divisi/departemen

Dengan adanya SAP, kelima hambatan di atas dapat teratasi mengingat data antar divisi dapat diakses secara real time. Oleh karena itu, sebuah perusahaan membutuhkan SAP untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan, mempermudah akses data antar divisi, mengurangi kemungkinan kesalahan data, dan mempercepat proses data.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.